Si Paris, Terobosan Terbaru SD Negeri Kuripan Lor 02 Upaya Tingkatkan Literasi

Si Paris, Terobosan Terbaru SD Negeri Kuripan Lor 02 Upaya Tingkatkan Literasi

DENGARKAN - Wali siswa kelas 5 mendengarkan materi sosialisasi tentang Si Paris dari pemateri -FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - SD Kuripan Lor 02 membuat satu terobosan terbaru dalam upaya peningkatan minat baca siswa yang masih harus di genjot maksimal melalui Si Paris ( Sistem Papan Literasi).

Disampaikan Kepala SD Negeri Kuripan Lor 02 Sri Mulyati S.Pd.SD mengungkapkan bahwa Si Paris hadir sebagai buah dari kesadaran akan pentingnya gagasan baru untuk meningkatkan minat baca siswa, mengingat banyak keluhan yang dialami siswa saat melakukan evaluasi dalam upaya peningkatan minat baca.

"Para siswa itu pada mengeluh, karena buku di Perpustakaan itu-itu saja dan cenderung sudah lama, jadi ya mereka mulai malas dan bosan untuk membaca," ungkap Sri Mulyati.

BACA JUGA:SD Muhammadiyah Bligo 01 Gelar Show of Force, Hadirkan Lomba Tari dan Lomba Rangking Satu

BACA JUGA:Kemenag Kabupaten Pekalongan Kunjungi Ponpes Al Hasymi Salakbrojo

Oleh karenanya, SD Negeri Kuripan Lor 02 melalui Bu Guru kelas 5 Dewi Andrayani S.Pd sebagai penggagas Si Paris yang menyediakan buku-buku elektronik beranekaragam yang bisa diakses oleh seluruh siswa. 

Selain itu, SD Negeri Kuripan Lor 02 ini juga berkerjasama dengan Perpustakaan Daerah Kota Pekalongan untuk siswa SD bisa mengakses Perpustakaan Kota Pekalongan melalui gadget mereka. Sehingga bahan bacaan yang diakses siswa bisa lebih banyak dan variatif.

"Respon Dinas terkait sangat luar biasa dengan gagasan baru kami, bahkan Si Paris ini akan dimasukkan dalam salah satu karya inovasi pendidikan," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Dewi Andrayani S.Pd yang merupakan wali kelas 5 dan juga sebagai penggagas Si Paris, menceritakan bagaimana awal mulai Si Paris ini terbentuk sehingga bisa memberikan metode baca variatif kepada siswa SD Negeri Kuripan Lor 02.

BACA JUGA:Dibuat Ala Bioskop, SMPN 1 Pekalongan Nobar Hasil Karya P5

BACA JUGA:Ratusan Siswa SD/ MI Kabupaten Pekalongan Ikuti Semarak Harlah ke-41 MTs Salafiyah Wonoyoso

"Awal mula saya cek, data kunjungan Perpustakaan di sekolah, kok ternyata kunjungan siswa kelas 5 sedikit sekali, dan setelah ditelusuri mereka mengaku bosan karena bahan bacaan itu-itu saja, terlebih banyak keluhan yang datang dari wali siswa yang mengungkapkan bahwa anak mereka hanya main gadget di rumah, makanya kita manfaatkan kesukaan mereka main gadget untuk akses si Paris" terang Dewi.

Selain menyediakan bahan bacaan yang variatif, Si Paris juga dilengkapi dengan lembar evaluasi setiap bacaan agar memastikan para siswa yang membaca sudah membaca bahan bacaan secara benar karena bisa menjawab pertanyaan yang tersedia.

"Kami berharap dengan adanya si Paris ini bisa mampu meningkatkan minat baca siswa, dan menyediakan bahan-bahan bacaan edukatif bagi siswa yang lebih variatif," pungkasnya.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: