Ramadan 2024 Kian Dekat, Masih Punya Utang Puasa tapi Lupa Jumlahnya? Ini Cara Gantinya Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024 Kian Dekat, Masih Punya Utang Puasa tapi Lupa Jumlahnya? Ini Cara Gantinya Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024 Kian Dekat, Masih Punya Utang Puasa tapi Lupa Jumlahnya? Ini Cara Gantinya Kata Ustaz Adi Hidayat -Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Pinjam Uang di Bank Konvensional untuk Modal Usaha? Ustaz Adi Hidayat Berikan Penjelasan

3. Hitung Ulang Jumlah Utang Puasa

Menurut Ustaz Adi Hidayat jika benar-benar lupa jumlahnya, maka hitunglah kembali jumlah yang ditinggalkan. Catat jumlahnya meskipun tidak pasti sesuai jumlahnya tapi pilihlah jumlah yang diyakini paling sesuai atau mendekati sesuai.

4. Mengganti Utang Puasa dengan Qadha Puasa atau Fidyah

Lakukanlah penggantian utang puasa dengan cara niat mengganti puasa Ramadan. Menurut Ustaz Adi Hidayat untuk waktu mengganti puasa bisa dilakukan bersama dengan puasa sunnah senin kamis, puasa sunnah daud, dan puasa sunnah lainnya.

"Jadi ketika akan melaksanakan puasa sunnah, niatnya adalah untuk mengganti utang puasa Ramadan," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat melanjutkan bahwa untuk orang yang meninggalkan puasa karena alasan kesehatan, sedang melahirkan atau menyusui bisa mengganti dengan membayar fidyah. Atau bisa mengganti puasa di hari lain ketika kemampuan puasanya kembali normal.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Sebut 3 Golongan Ini Sebagai Pejuang Akhirat Sejati, Dijamin Masuk Surga Oleh Allah

BACA JUGA:Punya Penyakit Tak Kunjung Sembuh? Ustaz Adi Hidayat Bagikan Metode Penyembuhan dengan Air Hujan

Demikian penjelasan cara mengganti puasa dari Ustaz Adi Hidayat, semoga bisa memahami dengan baik dan menjalankan nasihat serta ke depannya kita tidak lagi meninggalkan puasa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: