Sekda Kabupaten Pekalongan Tinjau Langsung Bencana Longsor di Desa Sidomulyo Lebakbarang

Sekda Kabupaten Pekalongan Tinjau Langsung Bencana Longsor di Desa Sidomulyo Lebakbarang

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sekretaris Daerah bersama OPD terkait turun ke lokasi Desa Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang untuk menginventarisir penanganan bencana. Hal itu sebagai wujud Pemerintah Kabupaten Pekalongan hadir langsung menangani bencana tanah longsor yang melanda Kecamatan Lebak Barang. 

Sekretaris Daerah Pemkab Pekalongan, M Yulian Akbar menyampaikan dengan adanya bencana alam tanah longsor, pihaknya langsung melakukan penanganan. Dari hasil pemetaan, pemerintah akan segerakan untuk penanganan terkait dengan longsor di Lebak Barang Desa Sidomulyo dan Dinas Teknis sudah diperintahkan untuk melakukan perhitungan. 

"Adapun dari tinjauan lokasi bencana untuk kondisi terakhir Kecamatan Lebakbarang bersama dengan teknis untuk memetakan kebutuhan yang diperlukan. Kemudian juga penanganan yang sifatnya kedaruratan," katanya. 

Untuk kebutuhan utama lanjut Sekda adalah terkait dengan air bersih, kemarin disampaikan sejak (Kamis, 7/3/2024) memerintahkan Dinas PU untuk menghitung. Karena air bersih itu adalah kebutuhan dan di sana kemungkinan untuk Brown capturing di Desa Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang. 

Kemudian kedua adalah bronjong dan penguatan tebing ini juga sudah mulai dihitung sekaligus untuk perkuatan jembatan pengaman jembatan kanan kirinya. 

"Itulah langkah-langkah yang bersifat kedaruratan antisipasi. Selanjutnya untuk tindak lanjut terkait dengan longsor karena berada di area Perhutani penangan lebih lanjut kami akan dikomunikasikan dengan perhutani," jelasnya.

Sedangkan untuk korban yang rumahnya terdampak kini sedang diinventarisasi agar mendapat bantuan pemugaran rumah. Untuk kerugian material dampak tanah longsor mencapai ratusan juta, karena sapi 3 ekor sekitar Rp 45 juta, rumah ditaksir mencapai Rp 70 juta dan lainnya masih dihitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: