Tips Menyimpan Kentang Kupas Agar Warnanya Tidak Berubah Coklat, Efektif Bikin Kentang Segar Cerah Seminggu!

Tips Menyimpan Kentang Kupas Agar Warnanya Tidak Berubah Coklat, Efektif Bikin Kentang Segar Cerah Seminggu!

Tips Menyimpan Kentang Kupas Agar Warnanya Tidak Berubah Coklat, Efektif Bikin Kentang Segar Cerah Seminggu!-freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Inilah tips menyimpan kentang kupas agar warnanya tidak berubah menjadi coklat. Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut. 

Kentang merupakan bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai sajian makanan. Beragamnya jenis makanan yang dapat diolah dari kentang sehingga banyak yang menjadikan kentang sebagai stok.

Bahkan beberapa orang menyimpanya dalam kondisi sudah dikupas yang menjadikannya  cepat berubah warna. Tapi beberapa tips menyimpan kentang kupas agar warnanya tidak berubah menjadi coklat. 

Selain lebih mudah, menyimpan kentang kupas akan membuat proses memasak jauh  lebih cepat dan praktis.  Namun kekurangannya tampilan kentang kurang segar jika berubah menjadi coklat.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Redmi A2 dan Redmi A3, Jadi Pilihan Hp Entry Level Murah dan Berkualitas! 

BACA JUGA:Inilah Cara Mengonsumsi Buah Siwalan untuk Ibu Hamil, Cemilan Sehat untuk Mengatasi Morning Sickness

Proses perubahan warna kentang menjadi coklat disebut oksidasi. Agar tidak terjadi, lakukan beberapa tips menyimpan kentang kupas agar warnanya tidak berubah menjadi coklat di bawah ini.   

Sebelum berlanjut pada tipsnya, perlu kita ketahui bahwa kentang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Solanum tuberosum. 

Mulanya, tanaman kentang tumbuh di kawasan Amerika Selatan. Hingga kemudian tanaman ini menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bahkan di Indonesia pun, tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah pegunungan dan dataran tinggi yang  umumnya memiliki iklim sejuk. 

BACA JUGA:Wajib Catat! 5 Tips Menyimpan Beras Agar Bebas Kutu Bikin Beras Jadi Bersih, Aman dan Awet

BACA JUGA:Keunggulan Redmi Note 14  Pro yang Siap Gemparkan Pasar Indonesia dengan Performa Terbaik & Harga Terjangkau!

Kentang yang terkena paparan sinar matahari langsung dapat mengeluarkan zat solanine. Zat ini menghasilkan rasa pahit sehingga dapat beracun apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Maka dari itu, kalian harus menyimpan kentang di tempat yang sejuk, kering dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. 

Inilah beberapa tips menyimpan kentang kupas ini dibagikan oleh pengguna Instagram @vhe_veronicaa dalam video berdurasi singkat.   

Pertama kupas semua kentang yang akan disimpan dan dijadikan stok hingga bersih dan tidak ada kulit yang tersisa.

BACA JUGA:Begini 5 Trik Merebus Telur Agar Mudah Dikupas Anti Gagal, Masak Jadi Lebih Cepat dan Anti Ribet!

BACA JUGA:6 Tips Membersihkan Sepatu Putih yang Mulai Menguning, Pakai Bahan Sederhana Bikin Sepatu Auto Kinclong Lagi!

Siapkan wadah, lalu masukkan kentang yang sudah dikupas ke dalam wadah tersebut. Pilihlah wadah yang kedap udara atau dapat ditutup rapat.

Setelah itu, rendam kentang menggunakan air hingga semua permukaan kentang terendam air. Kemudian simpan kentang ke dalam kulkas atau chiller.

Kentang dapat digunakan kapan saja sesuai kebutuhan dan tidak berubah warna menjadi kecoklatan bahkan tampilannya dapat tetap cerah dan segar.  

Agar kentang tidak bau dan busuk, air rendaman di dalam wadah harus diganti secara rutin setiap harinya. Dengan begitu, kentang dapat bertahan hingga 1 minggu. 

BACA JUGA:Astrology Cina: Inilah 3 Ramalan Shio hari Jum’at 19 April 2024, Diperkirakan ekonominya Semakin Membaik

BACA JUGA:Review Jujur Micellar Water Garnier Mawar untuk Membersihkan Wajah yang Sekaligus Bisa Bikin Kulit Glowing

Setelah mengetahui tips menyimpan kentang kupas agar warnanya tidak berubah menjadi coklat di atas. Kini beralih ke beberapa manfaat kentang untuk kesehatan.  

Kandungan karbohidrat pada kentang seringkali menjadikannya sebagai sumber makanan pokok. Tak hanya itu, rupanya kentang kaya akan nutrisi sehingga baik untuk dikonsumsi. 

Berikut beberapa manfaat kentang untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut.

1. Mengontrol kadar gula 

Kentang mengandung zat yang dapat mengurangi kadar gula darah apabila dikonsumsi. Pastinya saat olahan kentang yang dikonsumsi dibuat secara sehat. 

BACA JUGA:Benarkah Bunga Es di Kulkas Berbahaya? Simak Penjelasan dan Cara Mengatasi Bunga Es di Kulkas Berikut Ini!

BACA JUGA:5 Tips Memasak Kangkung agar Warnanya Tetap Segar Rahasianya Pakai Es Batu, Mudah dan Praktis Ditiru!

2. Menyehatkan pencernaan  

Kentang sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat membantu kelancaran pencernaan. Pati resisten adalah salah satu zat yang terdapat dalam kentang.

Zat tersebut tidak akan terpecah dan terserap seluruhnya oleh tubuh, namun zat ini akan menuju usus besar ketika menjadi sumber nutrisi bagi bakteri dalam usus. 

3. Meningkatkan imunitas tubuh   

Kentang sebagai makanan yang kaya potasium memiliki senyawa yang dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Dengan mengkonsumsi kentang, dapat membantu tubuh untuk menurunkan leukosit yang diproduksi oleh tubuh karena seseorang sedang sakit atau mengalami peradangan. 

BACA JUGA:Inilah  6 Tips Mencegah dan Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget, Bisa Dicoba Bunda!

BACA JUGA:Langsung Kinclong! Ini Dia Tips Membersihkan Dapur Secara Cepat dan Efektif dari Noda Minyak yang Membandel

4. Meningkatkan kesehatan otak 

Kentang memiliki kandungan seperti asam folat dan vitamin B6 yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak.

Mengonsumsi kentang akan membantu meningkatkan konsentrasi dan memori sehingga sangat baik untuk kesehatan otak.   

Sekarang kalian sudah mengetahui cara menyimpan kentang dengan benar. Sebab jika kalian salah menyimpannya dapat menjadi berbahaya jika dikonsumsi. 

Kentang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Mulai dari makanan pokok, makanan pendamping hingga makanan ringan.  

BACA JUGA:7 Cara Agar Baterai Hp Tidak Cepat Habis Saat Perjalanan Jauh, Wajib Dilakukan Bagi yang Ingin Bepergian

BACA JUGA:Begini Cara Membuat Masker Kolagen Sendiri di Rumah, Bikin Kulit Kencang Bebas Kerutan dan Noda Tanpa Skincare

Kentang yang diolah dengan digoreng dapat menyebabkan resiko meningkatnya penyakit seperti serangan jantung, diabetes, kolesterol hingga gangguan pada ginjal.

Karena kentang yang digoreng mengandung banyak lemak trans an lemak jenuh serta jumlah kalori yang tinggi setara dengan nasi.

Kentang masih dapat dinikmati dengan lezat tanpa harus digoreng. Kalian dapat mengolah kentang dengan cara dipanggang, ditumis dan direbus.

Alternatif olahan kentang di atas dapat membantu bagi kalian yang sedang menjalankan diet karena dapat membantu menurunkan berat badan. 

Demikian beberapa tips menyimpan kentang kupas agar warnanya tidak berubah menjadi coklat yang dapat kalian praktekkan. Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: