Sah Dilantik, PPS KPU Kabupaten Batang Langsung Bertugas Petakan TPS Pilkada

Sah Dilantik, PPS KPU Kabupaten Batang Langsung Bertugas Petakan TPS Pilkada

LANTIK - Pelantikan PPS Kabupaten Batang di Parkside Hotel Mandarin, Kota Pekalongan-IST-IST

BATANG, RADAR PEKALONGAN. DISWAY.ID - Sebanyak 744 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 2024, Minggu 26 Mei 2024 di Hotel Park Side Mandarin Pekalongan. Nantinya PPS yang akan bertugas di 248 Desa Kelurahan tersebut akan langsung bertugas. Dimana salah satu tugas yang menanti adalah pemetaan TPS.

"Saya mengatakan mereka harus langsung berlari karena dalam waktu dekat ini akan ada pemetaan TPS dilanjutkan dengan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)," ujar Ketua KPU Kabupaten Batang, Susanto Waluyo usai pelantikan. 

BACA JUGA:KPU Batang Luncurkan Maskot Pilkada 2024, Ini Makna Lek Liman yang Terinspirasi dari Arca Ganesha Silurah

Dijelaskannya, nantinya mereka akan bekerja sama dengan  PPDP dari petugas Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW), dalam pemutakhiran data Pemilih. PPDP akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Hasil coklit itu jadi dasar pembentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2024.

BACA JUGA:Pelantikan dan Sumpah janji Anggota PPS Pilkada 2024 Kecamatan Sragi, Ini Penekanan Kapolsek Sragi

Terkait tempat pemungtan suara (TPS), Susanto menyampaikan akan terjadi pengurangan dibanding Pemilu 2024 lalu. Pada pemilu 2024, jumlah TPS di Kabupaten Batang mencapai 2.349.

"Karena hasil rakor adalah satu TPS di angka 550 sampai 580 akan ada pengurangan banyak sekali, sekitar 1.200 TPS," tandasnya. (nov) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan