FIK Unikal Gelar Seminar Nasional Transformasi Kesehatan Sebagai Upaya Pemerataan Akses Layanan Kesehatan

FIK Unikal Gelar Seminar Nasional Transformasi Kesehatan Sebagai Upaya Pemerataan Akses Layanan Kesehatan

DENGARKAN - Para peserta seminar mendengarkan materi dari narasumber --Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Pekalongan menggelar seminar nasional transformasi of public health dengan tema "Transformasi Kesehatan Sebagai Upaya Pemerataan Akses Layanan Kesehatan: Peluang dan tantangan" secara Hybrid.

Disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unikal Vita Nur Latif bahwa tujuan seminar kali ini sebagai upaya mensosialisasikan agar semua elemen stakeholder, praktisi, akademisi berkolaborasi dan bersinergi dalam melaksanakan Integritas Layanan Primer (ILP) serta memahami sepenuhnya tentang layanan kesehatan.

"Hari ini kita mendatangkan langsung dari Dirjen Kesmas Kemenkes RI dr Niken Wastu Palupi MKM yang akan memberikan informasi secara komprehensif tentang pemerataan akses layanan kesehatan,"ungkap Vita.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Zahroh menyampaikan bahwa seminar ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Kesehatan Masyarakat sejak Februari - Mei dalam bentuk magang yang bisa meningkatkan kompetensi lulusan.

BACA JUGA:Gelar P5, KB Mahardika Kota Pekalongan Kenalkan Makanan Tradisional

BACA JUGA:Siswa SMP Salafiyah Pekalongan Bikin Buku Antalogi Puisi

"Kami berharap, kegiatan magang ini bisa ditambahkan diluar kurikulum inti, baik magang merdeka belajar ataupun magang mandiri. Sehingga kompetensi lulusan akan semakin meningkat dan memiliki pengalaman yang lebih banyak," terangnya.

Ditambahkan oleh Dirjen Kesmas Kemenkes RI dr Niken Wastu Palupi MKM kita melihat disini sebntanya apa yang akan kita lakukan untuk peluang-peluang apa yang bisa kita lakukan dalam pelaksanaan transformasi kesehatan mungkin saat ini kita bisa menyampaikan bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan sedang melakukan transformasi kesehatan itu ada 6 pilar, mulai dari transformasi layanan primer, transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, tranformasi sistem ketahanan kesehatan, tranformasi untuk pembiayaan kesehatan, tranformasi untuk SDM kesehatan, transformasi teknologi kesehatan dimana kita berusaha supaya layanan kesehatan ini bisa komprehensif diperoleh oleh masyarakat secara optimal.

BACA JUGA:Tingkatkan Kemampuan dan Soft Skill Guru Matematika, FKIP Unikal Gelar Workshop Media Pembelajaran

Mendekatkan layanan kemasyarakatan dengan transformasi layanan primer, bagaimana meningkatkan layanan rujukan nanti jika ada pasien yang dirujuk bisa dilakukan penanganan secara optimal kemudian," pungkasnya.(Mal)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: