FIK Unikal Gelar Angkat Sumpah Tenaga Kesehatan Profesi Ners dan Ahli Madya Kesehatan Fisioterapi

FIK Unikal Gelar Angkat Sumpah Tenaga Kesehatan Profesi Ners dan Ahli Madya Kesehatan Fisioterapi

PROSESI - Prosesi angkat sumpah tenaga kesehatan yang dilakukan oleh rohaniawan --

RADARPEKALONGAN - Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Unikal menggelar angkat sumpah tenaga kesehatan profesi ners dan ahli madya kesehatan fisioterapi.

Kegiatan angkat sumpah tenaga kesehatan Profesi Ners dan Ahli Madya Kesehatan Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pekalongan periode Oktober 2023 ini di selenggarakan oleh 2 Program Studi yaitu Program Studi Profesi Ners dengan jumlah 15 orang dan Program Studi Diploma III Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pekalongan dengan jumlah 33 orang sehingga total peserta angkat sumpah profesi adalah 48 peserta.

Peserta angkat sumpah tenaga kesehatan ini adalah mahasiswa yang sudah di nyatakan lulus baik lulus akademik maupun lulus uji kompetensi nasional yang selanjutnya di sebut sebagai alumni. 

BACA JUGA:Pondok Pesantren Muhammadiyah Assalam Kajen Bertekad Perangi Bullying

Alumni yang di nyatakan lulus uji kompesensi nasional akan memiliki sertifikat kompetensi atau serifikat profesi serta surat pernyataan telah mengucapkan sumpah / janji profesi yang tertuang dalam Undang Undang No. 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan pada pasal 44 ayat 3. 

Dengan demikian setiap alumni harus mengucapkan sumpah / janj yang sudah di atur dalam tata cara pelaksanaan sumpah / janp baik profesi ners maupun lulusan ahli madya kesehatan Fisioterapi sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, Pasal 595 ayat 2, bahwa Sumpah Profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yakni di laksanakan oleh penyelenggara Pendidikan Tinggi bidang Kesehatan. 

BACA JUGA:Jawab Tantangan Zaman, ITSNU Pekalongan Latih dan Dampingi Lembaga Sosial Manfaatkan Aplikasi Digital

Disampaikan Dekan FIK Unikal Rr. Vita Nurlatif, S.KM., M.Kes bahwa kegiatan angkat sumpah jabatan ini bertujuan untuk menyumpah alumni atau lulusan program studi profesi ners dan lulusan program studi D III Fisioterapi untuk mengucapkan lafal janji tenaga kesehatan. 

"Kami berharap, dengan angkat sumpah profesi bisa menjadi pintu bagi teman-teman mahasiswa untuk berkarya dan membuktikan kompetensi kualitas yang dimiliki oleh alumni Unikal," pungkas Bu Vita sapaan akrabnya.(mal)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: