Bupati Fadia Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan 100 Rumah Bagi Warga Simonet, Anggaran 14,7 Miliar

Bupati Fadia Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan 100 Rumah Bagi Warga Simonet, Anggaran 14,7 Miliar

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan perumahan relokasi bagi warga Dukuh Simonet, di Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan rehabilitasi rumah bagi korban bencana sebesar Rp 75 juta, pemberian 40 unit kendaraan roda tiga, dan penanaman 90 pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Pekalongan.

Bupati Fadia dalam sambutannya menyampaikan keseriusan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam menanggapi dampak bencana rob yang telah menghantam Dukuh Semonet sejak tahun 2019. 

"Tidak hanya sebatas memberikan tempat tinggal, kami juga berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan dukungan sarana dan prasarana perumahan, mulai dari pembangunan jalan, air minum, sanitasi, dan listrik agar warga dapat kembali hidup secara mandiri dan produktif," ujarnya.

Selain itu, Pemkab Pekalongan juga akan menyelenggarakan kegiatan berupa pembinaan dan pelatihan bagi warga terdampak relokasi yang akan dilaksanakan oleh instansi pemerintah termasuk dari unsur swasta.

Proyek relokasi perumahan warga terdampak simonet dilakukan di atas tanah hibah seluas lebih dari satu hektar untuk membangun 100 unit rumah dengan anggaran mencapai 14,7 miliar Rupiah. 

Bupati menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah turut serta dalam mendukung upaya relokasi dan rehabilitasi ini.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengucapkan terimakasih serta apresiasi yang sebesar – besarnya kepada semua pihak diantaranya Kementerian PUPR RI melalui Dana DAKnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui APBD Provinsinya, serta para donatur dari LazizMU, LazizNU, Basnaz dan lembaga-lembaga lainnya yang telah berkontribusi dalam upaya relokasi warga Dukuh Simonet serta pemberian bantuan pada hari ini,” kata Fadia

Bupati Fadia berharap bahwa relokasi ini akan menjadi langkah awal bagi 100 Kepala Keluarga untuk memulai hidup baru yang lebih aman dan layak. Selain itu, Ia juga berharap agar bantuan lainnya yang diberikan dalam acara tersebut seperti bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah dapat bermanfaat untuk desa-desa yang menerimanya.

“Dengan adanya bantuan motor untuk mengambil sampah di desa-desa diharapkan semua sampah di desa-desa tidak kelihatan lagi, rapi, bersih, kita bisa menjaga kesehatan kita dengan menjaga kebersihan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: