Pelatihan Angkatan 3 BLK Kota Pekalongan Bakal Didominasi Peserta Usia Produktif

Pelatihan Angkatan 3 BLK Kota Pekalongan Bakal Didominasi Peserta Usia Produktif

Antusias - Nampak antusias masyarakat Kota Pekalongan dalam mengikuti alur kegiatan Pelatihan Angkatan 3 BLK Kota Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

Radarpekalongan.co.id-  Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Pekalongan kembali membuka pelatihan angkatan 3 tahun 2024 dengan menyediakan 6 jurusan kompetensi. 

BACA JUGA:Wujudkan Jateng Sebagai Penumpu Pangan Nasional, Pemprov Percepat Program Pompanisasi

Hal ini pun disambut animo masyarakat dengan terpenuhinya kuota peserta, yang nampak saat pelaksanaan kegiatan daftar ulang dan technical meeting di gedung setempat, Rabu (3/7/2024).

Kepala BLK Kota Pekalongan, Helmy Hendarsyah, mengatakan bahwa pelatihan tahap pertama dan kedua tahun 2024 sudah di lewati, dan kini dilanjut tahap 3.

BACA JUGA:Green Kalcer, AHM Ajak Jurnalis Kenali Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga

"Untuk pendaftaran online dari tanggal 13 Mei-23 Juni hampir 1 bulan, syukur Alhamdulillah pendaftaran dapat animo masyarakat luar biasa dari 6 jurusan yang mendaftar sekitar 609 peserta, lanjut ke tahap verifikasi berkas sebanyak 300an masyarakat yang lolos," ujarnya.

BACA JUGA:Hijaukan Pesisir Pekalongan, Babinsa Koramil Tirto dan KT Banawa Sekar Galakkan Pembibitan Mangrove

Lebih lanjut dijelaskan Helmy, setelah tes tertulis online terpilih 25 peserta yang akan melanjutkan ke tes wawancara. " Alhamdulillah terpenuhi kuotanya 16 peserta tiap jurusan. Hari ini kita laksanakan daftar ulang dan technical meeting untuk persiapan pembukaan di tanggal 8 Juli mendatang,” imbuh dia.

BACA JUGA:Kekurangan Siswa, SMPN 9 Pekalongan Rela Jemput Bola Datangi Rumah Calon Siswa

Disampaikan Helmy jurusan yang disiapkan oleh BLK telah melewati _Training Need Analysis_ (TNA) atau analisis pelatihan dengan industri, keterampilan apa saja yang memiliki potensi dan serapan yang bagus di Kota Pekalongan, kemudian usulan tersebut disampaikan ke Kementerian Ketenagakerjaan. 

BACA JUGA:3 Korban Meninggal Kecelakaan di Tol Batang-Semarang Merupakan Penumpang Toyota Innova, Sopir Selamat

“Jurusan apa saja yang mempunyai potensi kita upayakan lewat pelatihan antara lain housekeeping, autocad, teknisi AC, las, desain grafis dan menjahit pakaian,” lanjutnya.

BACA JUGA:Cuma 30 Ribuan, Ini 2 Rekomendasi Bedak Tabur Wardah dan Emina, Makeup Matte Bebas Kilap, Mana Lebih Bagus?

Bahkan menurutnya, dari total peserta pelatihan tahap 3 ini rata-rata usia produktif di bawah 30 tahun dan kebanyakan lulusan SMA. “Harapan kami pelatihan ini bisa mengurangi pengangguran, menumbuhkan wirausaha muda yang dapat membantu kota Pekalongan dan masyarakat yang ada di sekitarnya,” tandas dia.(ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: