Awas! Ternyata Ini 5 Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Habis, Jangan Sampai Kamu Tidak Tahu!

Awas! Ternyata Ini 5 Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Habis, Jangan Sampai Kamu Tidak Tahu!

penyebab oli mesin motor cepat habis--Instagram/motorkutuaa

Jika kamu terus menerus menggunakan motor, kemudian tidak pernah mengganti oli, ini akan membuat volume oli akan berkurang, sebab terjadi penguapan.

Nah, ketika oli ini berada di bawah batas maksimal, oli ini tidak dapat melindungi bagian-bagian mesin secara maksimal, jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui waktu penggantian oli paling ideal kapan, jika motormu sering digunakan maksimal 2 bulan sekali, namun jika jarang digunakan paling tidak 3 bulan sekali.

BACA JUGA:Diduga Dianiaya Oknum Polisi, Pengusaha Rental Mobil Lapor Polres Pekalongan

BACA JUGA:Warga Pekalongan, Ayo Dukung Ilham Fathu Rohman! Mahasiswa Farmasi UMPP Maju Lomba Duta Genre Nasional 2024

3. Kekentalan Oli Tidak Sesuai dengan Spesifikasi Mesin

Selanjutnya, penyebab oli mesin motor cepat habis adalah karena kekentalan oli tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada motor.

Ketika menggunakan oli yang lebih kental, dari yang disarankan oleh pabrikan, biasanya motor akan terasa memiliki tarikan lebih berat.

Namun, jika menggunakan oli sesuai anjuran pabrikan, biasanya tarikan mesin akan terasa lebih ringan dan juga gesit ketika dikendarai.

BACA JUGA:Jembatan Sidamulya Tegal Sempit, Butuh Pelebaran, DPRD Bilang Begini

BACA JUGA:Alur Cerita Anime The Ossan Newbie Adventurer, Petualang Pemula Berusia 32 Tahun: Mirip Kafka Kaiju No. 8

4. Piston dan Ring Pison Aus

Apakah kamu tahu, kalau ternyata salah satu penyebab oli mesin motor cepat habis disebabkan terjadinya kerusakan yang ada pada ring piston.

Komponen yang ada pada dalam mesin, ternyata bisa terjadi kerusakan, seperti goresan, keausan dan juga adanya kotoran yang terlalu banyak.

Nah, ketika ring piston ini aus, biasanya ring piston akan menjadi lebih longgar, akhirnya menyebabkan udara masuk ke ruang oli, dan menyebabkan penurunan tekanan kompresi pada mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: