Peduli Lingkungan, Kojasebo Bersihkan Sampah Berserakan di Pesisir Pantai Kota Pekalongan

Peduli Lingkungan, Kojasebo Bersihkan Sampah Berserakan di Pesisir Pantai Kota Pekalongan

Sejumlah warga yang tergabung dalam Komunitas Jalan Sehat Bom memungut sampah yang berserakan di pesisir Pantaisari Kota Pekalongan, Sabtu pagi, 3 Agustus 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Komunitas Jalan Sehat Bom (Kojasebo) melaksanakan aksi membersihkan sampah-sampah yang berserakan di pesisir pantai Kota Pekalongan.

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan bersamaan dengan aktivitas mereka berolahraga dengan jalan kaki di pagi hari di sepanjang pesisir pantai, mulai dari Krematorium hingga Pantaisari, Pekalongan Utara, Sabtu pagi, 3 Agustus 2024.

Di sepanjang jalan yang dilalui, para aktivis Kojasebo ini memungut sampah-sampah, terutama sampah plastik, yang berserakan di situ. Kemudian dimasukkan ke kantong sampah plastik yang sudah mereka bawa.

BACA JUGA:Tumpukan Sampah Kian Menjulang Tinggi, Solusi Sulit, DLH Ajukan Bantuan Pusat

BACA JUGA:Kondisi Darurat TPA Degayu

Pemrakarsa kegiatan, H Agus Riyanto, mengatakan kegiatan itu mereka laksanakan karena merasa terpanggil begitu melihat kondisi pinggir laut yang penuh sampah terutama sampah plastik.

"Kita terpanggil untuk berbuat dengan membersihkan sampah-sampah ini. Ini bentuk kepedulian teman-teman komunitas yang setiap pagi olahraga jalan kaki di sini," katanya.

Menurutnya, banyaknya sampah terutama sampah plastik yang berserakan di pinggir pantai itu membuat lingkungan menjadi kotor, kumuh, mengurangi keindahan, dan tidak sehat.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan dapat menggerakkan kesadaran seluruh masyarakat untuk ikut peduli menjaga kebersihan. Terutama masyarakat Kota Pekalongan, agar bersama-sama merasa memiliki Kota Pekalongan dengan bersama-sama ikut menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Apalagi, dia menambahkan, laut adalah aset luar biasa yang kita miliki. Jangan sampai laut dan lingkungan sekitarnya menjadi kotor dengan banyaknya sampah.

BACA JUGA:Jaga Kebersihan Lingkungan, Ratu Bali Coffe Gelar Kegiatan Resik Bareng Warga

Pihaknya juga berharap kepada seluruh masyarakat yang datang ke pinggir pantai untuk secara sadar tidak membuang sampah secara sembarangan. Pemerintah juga diharapkan memfasilitasi dengan menyediakan tempat-tempat sampah di lokasi tersebut.

"Ini bagian kecil dari upaya kita agar lingkungan kita bersih dan sehat. Mari jaga lingkungan kita, jaga laut kita, agar senantiasa bersih. Ini tidak bisa kita lakukan sendiri, tapi harus bersama-sama. Baik itu seluruh elemen masyarakat maupun pemerintah," imbu purnawirawan Polri ini. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: