PMB Ajak Masyarakat Eksplorasi Fakta-fakta Tersembunyi Sejarah Kabupaten Batang

PMB Ajak Masyarakat Eksplorasi Fakta-fakta Tersembunyi Sejarah Kabupaten Batang

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Temu Tokoh Peduli Sejarah Batang, yang digelar di House of Rhapsodia Batang, Kamis 15 Agustus 2024. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Perkumpulan Masyarakat BATANG (PMB) mengajak masyarakat BATANG untuk lebih memahami asal usul sejarah Kabupaten BATANG. Hal ini diwujudkan dalam gelaran Focus Group Discussion (FGD) Temu Tokoh Peduli sejarah BATANG, yang digelar di House of Rhapsodia BATANG, Kamis 15 Agustus 2024. 

Lewat FGD ini turut disampaikan fakta-fakta sejarah yang disampaikan tokoh penting Batang. Termasuk dalam mengkaji dan mengungkap tujuh sejarah tersembunyi Kabupaten Batang. 

"Jadi akan ada dua hal yang deliver dalam waktu dekat. Yang pertama penulisan soal sejarah Batang. Kemudian sejarah Batang ini akan kami deliver dalam bentuk film dokumenter yang mudah dicerna dan dipahami oleh generasi muda Batang," Ketua Umum Perkumpulan Masyarakat Batang (PMB) periode 2023-2027, Heppy Trenggono usai FGD. 

BACA JUGA:Jelang Pendaftaran Calon Bupati, KPU Batang Baru Terima Konsultasi dari Satu Parpol

Dikatakannya, menurutnya sejarah Batang menarik didiskusikan. Karena masih ada sekitar tujuh fakta tersembunyi dibalik sejarah Kabupaten Batang. Menurutnya belum banyak orang yang belum memahami hal-hal tersebut dan perlu disampaikan dengan cara yang lebih tepat. 

"Banyak kehebatan yang tersembunyi dari Batang, kita ambil tujuh dari sekian banyak kehebatan. Dari tujuh itu Contohnya wangsa Syailendra itu cikal bakalnya dari Batang. Jadi Batang itu lebih tua dari Mataram, lebih tua dari Majapahit, dan lebih tua dari Borobudur," imbuhnya. 

Oleh karenanya, lewat eksplorasi yang dilakukan oleh PMB ini melalui penulisan dan film dokumenter bisa menjadi pembangunan karakter dan jati diri masyarakat Batang. Sehingga masyarakat Batang lebih berkarakter unggul. 

BACA JUGA:Promosikan Potensi Wisata di Kabupaten Batang, Disparpora Gelar Lomba Mural di THR Kramat

Selain tokoh berpengaruh di Kabupaten Batang, kegiatan ini juga turut dihadiri perwakilan komunitas. atau organisasi pecinta sejarah. PMB nantinya juga akan menuangkan hasil diskusi dan kajian sejarah Batang ini melalui Film Dokumenter. 

"Insyaallah dalam 1-2 bulan lagi proses shooting film dokumenternya akan rampung. Dan nantinya kami berharap film ini akan ditayangkan di sekolah-sekolah, kecamatan hingga desa-desa untuk menanamkan kebanggan sebagai warga Batang," pungkasnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: