Cegah Banjir, Warga Panjang Wetan Gotong Royong Bersihkan Saluran

Cegah Banjir, Warga Panjang Wetan Gotong Royong Bersihkan Saluran

PANJANG WETAN - Warga Kelurahan panjang wetan, Kota Pekalongan, gotong royong lakukan kegiatan kerja bakti pengerukan saluran serentak di wilayahnya, Jumat (28/8/2020). Selain menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan itu juga sebagai upaya meminimalisir potensi banjir.

"Kelurahan Panjang Wetan sendiri tengah mengadakan kerja bakti bersama seluruh warga Panjang Wetan, untuk pengerukan saluran. Dan acara dimulai dari jam 7 pagi hingga selesai," ungkap Lurah Panjang Wetan, Kartoyo, kepada Radar, Jumat (28/8/2020).

Pelaksanaan kegiatan bersih-bersih saluran irigasi tesebut dilakukan aparat kelurahan bahu membahu dengan masyarakat dibantu pula pihak dinas terkait. "Hampir semua warga panjang wetan turut hadir melaksanakan gotong royong bersama, "lanjutnya.

Dikatakan Kartoyo, kerja bakti itu mulai dari mengangkut tanah, mencabut rumput hingga ada juga yang mengeruk saluran irigasi di pinggir jalan utama. Mengingat, lokasi tersebut kerap dilanda banjir.

"Ini kegiatan rutin kami setiap jumat yang fokus pengerjaanya lebih pada saluran kampung dan sebagian saluran jalan raya pekerjaan masih berlanjut, "tegasnya.

Sebagai aparatur pemerintah, pihaknya memiliki kewajiban untuk memberikan contoh kepada masyarakat dengan melakukan hal yang positif. Terutama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan agar mampu terbebas dari banjir dan rob yang selama ini melanda di sana.

"Maka hal ini dinilai positif bagi warga, supaya kelak hidup bersih bisa membudaya di wilayah Panjang wetan," ucap Kartoyo.

Pihaknya turut menyampaikan terima kasih kepada dinas terkait yang berperan menjaga lingkungan Kelurahan Panjang Wetan tetap terjaga kebersihanya hingga saat ini, terutama pihak DPUPR dan DLH.

"Gorong rayong bersama warga Panjang Wetan bersihkan saluran untuk mengurang banjir dan rob dan atas nama warga panjang wetan kami ucapkan terima kasih ke pada DPUPR dan DLH yg telah membantu dalam kegiatan tersebut," tandasnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: