New Normal, Aktivitas di Kuripan Kertoharjo Kembali Menggeliat

New Normal, Aktivitas di Kuripan Kertoharjo Kembali Menggeliat

KOTA - Pemberlakuan tatanan, pola perilaku dan kebiasaan baru atau yang dikenal new normal di masa pandemi covid-19 disambut antuasias semua kalangan di Kota Pekalongan, termasuk pemerintah dan warga Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan. Sebab dengan dibukanya aktivitas publik, maka roda perekonomian bisa berjalan kembali.

Hal ini juga diamini Fariki, Lurah Kuripan Kertoharjo ketika ditemui di kantornya, Kamis (18/6/2020). "Kegiatan new normal ini menurut saya adalah kegiatan yang positif, artinya memang harus dilaksanakan di masa pandemi ini. Karena kalau kita berlarut-larut tidak melaksanakan kegiatan, bagaimana kita bisa hidup, itu juga kurang baik terutama dalam hal perekonomian harus tetap berjalan," ungkapnya.

Menurutnya, kebijakan pemberlakuan new normal ini sangat baik dan pihaknya sebagai aparatur pemerintah kelurahan juga mengaku senantiasa berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk terbiasa dengan tatanan kebiasaan baru ini.

"Kita sendiri sudah melaksanakann juga berbagai kegiatan sosialisasi, edukasi namun namanya kan belum dilaksanakan secara baik oleh masyarakat terutama dalam hal kedisiplinan seperti social distancing maupun physical distancingnya masih belum dipenuhi," jelasnya.

Kendati demikian, lanjut Fariki, tidak semua masyarakat sadar untuk mematuhi protokol kesehatan. Sehingga pihaknya tak pernah berhenti memberikan himbaun dalam kegiatan di kelurahan maupun secara langsung menggerakkan RT dan RW setempat.

Selain melakukan sosialisasi, pihak kelurahan juga mengedukasi masyarakat melalui keteladanan dan contoh penerapan protokol kesehatan di kantor kelurahan sendiri. Kata dia, semua instrumennya sudah disiapkan. Dia menuturkan, secara protokoler pihaknya menyediakan yang pertama tempat dan alat cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menyiapkan hand sanitizer, kemudian masker juga persediaan sudah cukup banyak kata dia. "sehingga manakala dalam pelayanan maupun warga yang membutuhkan pelayanan yang tidak pakai masker, kita berikan masker," lanjut Fariki.

New normal aktivitas kembali normal, kegiatan di kelurahan sendiri nampak kembali bergeliat seperti biasanya. "Kemarin saja ada kegiatan pembagian penyerahan sertifikat PTSL, kegiatan itu mengundang sekitar 79 orang. Karena sesuai protokol new normal, maka warga dibagi dua waktu pelaksanaan. Sehingga di dalam ruangan itu hanya terisi sekitar 40-an, dimaksimalkan jaraknya. Alhamdulillah berjalan dengan baik," urainya.

Sementara untuk aktivitas masyarakat sendiri sudah mulai menggeliat normal. "Artinya, kegiatan sosial sudah kembali normal, dan alhamdulillah wilayah Kuripan Kertoharjo adalah salah satu kelurahan di kota Pekalongan yang masih tergolong zona hijau karena tidak terdampak sekali. Hal itu disebabkan karena pihak kelurahan sejak awal perkembangan pandemi ini melakukan pengawasan ketat bagi para pemudik yang memasuki wilayahnya," jelasnya mengakhiri. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: