Gaungkan Literasi untuk Anak-anak

Gaungkan Literasi untuk Anak-anak

BELAJAR - Anak-anak di Desa Randu saat menggunakan fasilitas perpusdes.

PECALUNGAN - Sama seperti bocah pada umumnya, anak-anak di Desa Randu Kecamatan Pecalungan juga memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Jauh dari orang tua yang mengadu nasib ke negeri jiran juga bukan alasan untuk meredam keingintahuan mereka. Salah satu yang bisa memuaskan rasa keingintahuan mereka adalah dengan berkunjung dengan perpustakaan desa. Terlebih di sana banyak ragam ilmu dari banyak referensi dan internet.

Pengelola Perpusdes Tunas Bangsa Desa Randu, Abrori, menjelaskan jika ada beberapa koleksi buku yang bisa digunakan siswa untuk membaca. Tak hanya buku, di sini juga ditawarkan aneka pelatihan rutin yang biasanya dilakukan setiap dua kali dalam seminggu.

"Biasanya kami rutin adakan pelatihan, seperti pelatihan komputer bagi anak-anak. Biasanya dua kali dalam seminggu, hari Kamis dan Jumat," jelas Abrori.
Perpusdes ini diharapkan dapat mewadahi keinginan anak yang ingin mendapatkan referensi untuk bahan belajar di sekolah. Selain itu sebagai cara untuk menggelorakan semangat literasi bagi mereka. Sehingga mereka bisa menjadi generasi melek literasi yang memiliki wawasan luas.

"Harapan kami hadirnya perpusdes ini bisa bermanfaat bagi warga sekitar. Khususnya bagi anak-anak usia dini. Karena di momen inilah momeb yang paling tepat untuk mengembangkan budaya literasi mereka. Sehingga ke depan mereka punya wawasan yang lebih luas serta mampu bersaing dengan kemajuan zaman," tandasnya.

Salah satu anggota aktif Perpusdes Tunas Bangsa, Ririn Cahya Ningrum, mengaku senang belajar di Perpus. Hal ini terkadang membuatnya menjadikan perpustakaan sebagai alternatif memuaskan rasa keingintahuanya.
"Di sini selain banyak buku, ada juga internet. Dan yang lebih penting di sini bisa belajar bareng-bareng bersama teman-teman," tutur siswa kelas 4 SDN Randu 03 ini. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: