Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Ilustrasi tikus dan bahan untuk mengusir tikus-Tangkapan layar freepik.com-

5. Menggunakan larutan cabai

Cabai bisa digunakan untuk mengusir tikus dari dalam rumah. Caranya, campur cabai rawit secukupnya dengan 1 atau 2 liter air, lalu direbus. Selanjutnya, cairan rebusan cabai ini disemprotkan ke tempat-tempat yang sering dikunjungi tikus. Cara ini sangat praktis dan ampuh.

6. Rumah jangan terlalu lembab dan kotor

Tikus akan menyukai bagian rumah yang lembab. Hewan pengerat ini akan bersarang dan berkembang biak di bagian rumah yang lembab dan kotor. 

7. Simpan makanan dan rutin buang sampah 

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup akan mampu mencegah tikus tertarik dan masuk ke dalam rumah. Jika tidak waspada, tikus akan memakan makanan tersebut dan meninggalkan bakteri berbahaya di sekitarnya. Selain itu, buang sampah secara teratur juga dapat membuat tikus tidak tertarik memakan sampah yang ada di rumah. 

8. Menggunakan minyak peppermint 

Bau menyengat dari minyak peppermint tidak disukai tikus. Minyak peppermint akan dapat menjauhkan hewan pengerat ini dari rumah. Caranya, coba letakkan kapas dengan 8 hingga 10 tetes minyak peppermint di sudut ruangan atau dekat tempat yang dicurigai menjadi sarang tikus.

9. Menggunakan ampas teh

Cara mudah lainnya untuk mengusir tikus yaitu menggunakan ampas teh. Ampas teh bisa merusak pernapasan tikus ketika terhirup atau dimakan. Ampas teh bisa diletakkan di tempat-tempat tikus bersarang. Indra penciuman tikus akan rusak, sehingga tak lagi datang ke dalam rumah.

10. Menyemprot minyak kayu putih

Cara mengusir tikus dari rumah yang praktis lainnya dengan menggunakan minyak kayu putih. Aromanya menyebalkan bagi tikus. Gunakan larutan kayu putih dengan konsentrasi 5%. Lalu semprotkan ke tempat-tempat yang menjadi sarang tikus.

11. Memanfaatkan kulit durian

Jangan buang kulit durian. Baunya yang tajam membuat tikus takut, jadi bisa dimanfaatkan untuk mengusir hewan pengerat ini dari rumah. Caranya, potong kulit durian terlebih dahulu dan letakkan ke tempat bersarangnya tikus.

12. Menggunakan perangkap tikus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: