Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Turun Tangan Dorong Percepatan PTSL

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Turun Tangan Dorong Percepatan PTSL

PTSL - Dinas PMD Kabupaten Pekalongan ikut mendorong percepatan program PTSL. -Triyono-

KAJEN - Untuk melancarkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang tengah berjalan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pekalongan turun tangan. Dengan sinergisitas tersebut diharapkan program PTSL bisa sesuai yang ditargetkan. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PMD Kabupaten Pekalongan, Agus Dwi Nugroho, akhir pekan kemarin. 

Dikatakan Agus, program penerbitan sertifikat PTSL untuk membantu masyarakat dalam mempermudah proses penerbitan sertifikat tanah. Untuk itu, pihaknya ikut mendorong desa yang mendapat program agar bisa berjalan sesuai aturan. 

"Kita sudah ikut untuk mendukung percepatan program PTSL dengan ikut turun sosialisasi bersama (BPN) Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Pekalongan ke desa desa," katanya. 

Seperti belum lama ini telah dilakukan sosialisasi di wilayah Kecamatan Lebakbarang, Doro dan lainnya. Adapun dari pantauan di desa desa sampai sekarang belum ada keluh kesah dari masyarakat. 

"Kita selalu berkoordinasi dengan BPN mana saja yang sudah dan belum sehingga kita bisa saling melengkapi untuk mendorong desa desa agar melengkapi syarat syarat yang diperlukan," lanjutnya. 

Adapun dalam sosialisasi turun ke desa desa, pihaknya juga tidak berjalan sendiri dan selalu menginduk ke BPN. 

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Pekalongan, Imawan Abdul Ghofur, menambahkan bahwa di tahun 2023 ini sertifikat PTSL yang jadi sudah dibagikan kepada masyarakat. 

"Di tahun 2023 ini ada 3.415 sertifikat yang sudah dibagikan. Sertifikat tersebut tersebar di beberapa desa yang memang sudah lengkap dan sudah jadi,  " imbuhnya. (Yon) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: