5 Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit, Calon Ibu Wajib Tahu!

5 Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit, Calon Ibu Wajib Tahu!

5 Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit, Calon Ibu Wajib Tahu!-YouTube.Com/ Varageta Nasution-

RADARPEKALONGAN - Apakah kamu tengah mengalami kehamilan? Lalu, juga sedang mencari informasi tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit? Jika iya, bunda wajib simak penjelasan ini sampai akhir!

 

Melahirkan dengan normal, lancar dan tidak sakit tentu impian semua calon ibu. Namun, ada beberapa faktor yang kerap kali mempengaruhinya. 

 

Selain itu, ada pula ketakutan yang membuat para calon ibu membayangkan rasa sakitnya secara berlebihan. Alhasil, muncul rasa khawatir maupun ketakutan yang bisa memberikan efek buruk lainnya.

 

Sehingga, perlu adanya informasi yang tepat untuk membantu apra calon ibu untuk tetap tenang. Hal ini diharapkan dapat membantu sang ibu maupun calon bayi senantiasa sehat hingga proses melahirkan selesai.

 

Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit

 

Lalu, apa aja sih tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini sampai akhir!

 

BACA JUGA: Pembuatan Akta Kelahiran Dapat melalui RS dan Puskesmas

 

1. Rutin Periksakan Diri

 

Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit yang pertama adalah rutin memeriksakan diri. Hal ini dapat dibantu oleh bidan maupun dokter kandungan yang terpercaya. 

 

Kamu dapat menyampaikan keinginan mengenai kelahiran normal. Sehingga, petugas kesehatan dapat memeriksa apakah bisa terjadi proses melahirkan normal atau tidak?

 

Jika sudah diberikan informasi bahwa kamu dapat melakukannya. Maka, kamu perlu melakukan pemeriksaan rutin. hal ini dapat membantumu serta calon bayi senantiasa sehat hingga hari persalinan tiba. 

 

2. Pahami Beragam Proses Persalinan

 

Persalinan sendiri memiliki beragam pilihan. Nah, tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit berikutnya adalah dengan memahami beragam proses persalinan  serta resikonya. 

 

Baik secara normal maupun cesar terdapat resiko masing-masing. Hal ini pun biasanya disesuaikan dengan keadaan sang ibu. Sehingga, kamu perlu memiliki kebijakan mengenai hasil yang akan dokter berikan. 

 

Jadi, hindari persalinan normal jika memang itu berbahaya bagi bayi maupun sang ibu. Sebab, yang terpenting adalah keduanya selalu sehat dan proses persalinan berjalan lancar. 

 

3. Rutin Melakukan Olahraga

 

Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit berikutnya adalah rutin melakukan olahraga. Hal ini dapat membantu sang ibu senantiasa sehat dan bayi dalam keadaan yang sama. 

 

Adapun olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan santai maupun yoga hamil. Jangan lupa iringi juga dengan latihan pernafasan supaya tubuh senantiasa kuat dan dapat melahirkan dengan normal tanpa ada rasa sakit yang berlebihan. 

 

BACA JUGA: Tekan Kematian Ibu dan Bayi, Kepala Puskesmas Harus 'Nginceng Wong Meteng'

 

4. Selalu Terapkan Pola Hidup Sehat

 

Hal yang tak kalah penting dari tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

 

Mulai dari vitamin maupun nutrisi lainnya. Pastikan kamu selalu aktif bertanya dan mengikuti saran dari dokter yang rutin mengecek kesehatan mu serta calon bayi. 

 

Perbanyak konsumsi sayur, buah dan nutrisi lainnya. hal ini efektif dalam menjaga kesehatan serta menghindari penyakit yang tidak diinginkan. 

 

5. Pilih Rumah Sakit Terbaik

 

Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit yang terakhir adalah dengan memilih rumah bersalin atau rumah sakit terbaik. Hal ini dapat membantu sang ibu maupun bayi tetap aman dan nyaman selama proses persalinan normal.

 

Selain itu, tidak membuat memakan banyak waktu saat momen persalinan tiba. Kamu juga perlu memastikan bahwa tersedia dokter atau petugas medis profesional yang dapat membantumu dalam menjalani proses persalinan ini ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: