Pemula Wajib Tahu, Inilah 7 Cara Merawat Bunga Matahari agar Berbunga dengan Cantik

Pemula Wajib Tahu, Inilah 7 Cara Merawat Bunga Matahari agar Berbunga dengan Cantik

Pemula Wajib Tahu, Inilah 7 Cara Merawat Bunga Matahari agar Berbunga dengan Cantik--Freepik

Cara merawat bunga matahari yang berikutnya yaitu dengan melakukan penyiraman secara rutin.

Kalian dapat melakukan penyiraman pada bunga matahari yang telah dewasa setiap 1 minggu sekali dengan air yang sangat banyak untuk setiap kali penyiraman. Usahakan untuk membuat tanah selalu lembab, namun tidak terlalu basah kuyup.

Untuk bunga matahari yang masih berbentuk bibit, kalian dianjurkan untuk menyiramnya setiap hari secukupnya. Jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit, cukup sampai tanahnya basah.

Baca Juga: Dijamin Anti Layu, Inilah 5 Cara Merawat Anggrek Setelah Berbunga Agar Tahan Lama

4. Pemupukan

Bunga matahari sebenarnya tidak memerlukan pupuk apabila ditanam di tanah yang gembur, karena tanah yang gembur sudah mengandung semua unsur hara dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bunga matahari.

Jika bunga matahari ditanam di tanah yang tidak gembur, kalian dapat menambahkan campuran pupuk kompos atau pupuk kandang dengan sedikit pupuk NPK di atas tanahnya.

Perlu diingat, bahwa dengan memberikan tambahan pupuk ke tanah yang gembur dapat menghasilkan banyak jumlah nitrogen, sehingga mengakibatkan batang bunga mataharu cepat patah dan bunganya terlambat untuk mekar.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Kalian harus rutin memperhatikan bunga matahari kalian, apakah terdapat hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhan bunga matahari.

Jika ada, kalian dapat menyemprotkan pestisida yang bisa dibeli di toko pertanian. Jangan lupa, sebelum mengaplikasikannya pada bunga matahari, kalian haru membaca aturan pakainya terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Adenium yang Baik dan Benar Agar Dapat Berbunga dengan Lebat

6. Waspadai Daun Bunga Matahari yang menguning

Daun matahari yang menguning biasanya disebabkan oleh jamur ataupun bakteri. Jika hal ini terjadi, kalian perlu untuk mencabut dan membuang daun tersebut agar tidak menulari daun-daun yang lain.

Perlu diingat juga bahwa bunga matahari pada umumnya akan menggugurkan daunnya ketika bunga matahari mulai tumbuh dewasa, sehingga kalian tidak perlu khawatir apabila daun bagian bawah berubah menjadi kuning dan gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: