Transformasi Kajian Ahad Pagi Masjid Darul Iman, Punya Program Layanan Ambulans sampai Doorprize Umroh

Transformasi Kajian Ahad Pagi Masjid Darul Iman, Punya Program Layanan Ambulans sampai Doorprize Umroh

PENYERAHAN DOORPRIZE - Ketua PDM Kota Pekalongan Hasan Bisyri bersama Sekretaris PDM Aslam Fatkhudin didampingi Ketua PCM Pekalongan Timur AHmad Nizar serta perwakilan Takmir Masjid Darul Iman Slamet Mahfudh saat penyerahan doorprize umroh untuk pemenangn-saefudin-

Namun siapa sangka, jamaah Kajian Ahad Pagi Masjid Darul Iman ini akhirnya terus bertambah secara signifikan hingga mencapai ratusan orang. "Ya seperti terlihat sekarang ini, setiap ahad pagi kan jamaahnya membludak, parkiran mobil dan motor sampai penuh. Dan mereka berasal dari beberapa daerah tetangga juga sampai Pemalang," ujar Nyoto Slamet.

Karena perkembangan jamaah Kajian Ahad Pagi inilah Takmir Masjid Darul Iman akhirnya menggulirkan sejumlah program sosial untuk menambah daya tarik. Salah satunya melalui program doorprize berhadiah umroh.

"Alhamdulillah, pengundian kemarin itu sudah yang ketiga kalinya kita laksanakan," ucapnya.

Tidak hanya doorprize umroh, Masjid Darul Iman juga memperluas jangkauan layanan melalui pengadaan layanan mobil ambulans. Program layanan ambulans Masjid Darul Iman telah dimulai sejak tahun 2015 dan saat ini mengoperasikan 2 (dua) unit mobil ambulans. 

Mobil ambulans pertama dibeli melalui kas Majlis Pelayanan Sosial pada tahun 2015. Dalam hal ini, Masjid Darul Iman meminjam dana talangan dari Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah (PAYM). Sementara sumber pembiayaan salah satunya dilakukan melalui wakaf kolektif dari infaq kupon ambulans senilai @ Rp 5.000,- (lima ribu rupiah).

"Angka lima ribu ini kepentingannya untuk slogan agar menggugah minat jamaah, bahwa untuk merealisasikan ambulans ini setiap jamaah bisa berpartisipasi wakaf atau infaq minimal lima ribu rupiah. Dan alhamdulillah lewat wakaf kolektif ini ambulans sudah lunas mendahului target waktu pembiayaan," jelasnya.

Adapun mobil ambulans kedua bersumber dari bantuan corporate social responsibility (CSR) Kospin Jasa Kota Pekalongan pada tahun 2016. Penerimaan itu menjadi wujud kepercayaan masyarakat dunia usaha, khususnya Kospin Jasa, kepada Masjid Darul Iman Kota Pekalongan.

Sejak itu program layanan ambulans Masjid Darul Iman beroperasi untuk membantu melayani kemanusiaan, yakni membantu mereka yang membutuhkan jasa pengantaran dengan mobil ambulans.  

"Dengan dua unit ambulans ini, alhamdulillah kita bisa melayani kepentingan masyarakat luas, lintas kecamatan, bahkan lintas kota Pekalongan dan lintas etnis dan agama (pernah dipakai orang cina). Hampir setiap pekan ambulans Masjid Darul Iman memberikanan layanan, bahkan seringnya ke luar kota dan luar provinsi," ungkap Nyoto Slamet.

Salah satu momen paling terasa dari pemanfaatan layanan ambulans Masjid Darul Iman adalah saat masa pandemi Covid-19 tahun 2020 sampai 2022 lalu. Pasalnya, hampir setiap hari dua unit ambulans ini keluar memberikan layanan ke masyarakat. 

"Bahkan kita sampai kewalahan, karena sehari bisa ada permintaan sampai empat pelayanan dengan berbagai tujuan. Ya meski sempat overload, tetapi artinya kehadiran layanan ambulans ini benar-benar diraskan manfaatnya, bahkan oleh non muslim juga," terangnya.

Pun menurut Nyoto Slamet tidak hanya sebatas layanan antar/jempur dari atau ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) ataupun pengantaran jenazah ke rumah duka. Lebih dari itu, setiap kali terjadi bencana banjir di Kota Pekalongan, dua unit mobil ambulans ini juga disiagakan untuk membantu program tanggap bencana Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). "Dua ambulans ini dikerahkan baik untuk distribusi logistik dan bantuan ke korban banjir, maupun evakuasi warga," katanya.

Karena itu, dengan perkembangan positifnya saat ini, Nyoto Slamet tetap berharap bahwa Kajian Ahad Pagi Masjid Darul Iman Kota Pekalongan ini tetap bertumbuh untuk memakmurkan dan menggembirakan umat dan masyarakat. "Dan sesuai tagline nya, kajian ahad pagi Masjid Darul Iman ini harapannya terus mencerdaskan dan mencerahkan umat," pungkasnya. (sef)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: