Kabupaten Pekalongan Juara Umum Jambore Pemuda Jateng 2023

Kabupaten Pekalongan Juara Umum Jambore Pemuda Jateng 2023

Kabupaten Pekalongan juara umum Jambore Pemuda Jateng 2023.-Dok Kominfo Kabupaten Pekalongan-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Salah satu prestasi membanggakan diraih pemuda Kabupaten Pekalongan diajang Jambore Pemuda Jateng 2023. Pasalnya, dalam ajang tersebut Kota Santri dinobatkan sebagai juara umum.

Jambore Pemuda Jateng 2023 diselenggarakan di Kota Surakarta, Senin, 18 September 2023, hingga Kamis, 21 September 2023, diikuti 420 Pemuda dan pemudi dari 35 kota dan kabupaten se-Jawa Tengah.

Beberapa cabang yang dilombakan antara lain, Karya Ilmiah Kepemudaan, Video Inovatif Pemuda, Pidato Bahasa Ingris, Fotografi, Kaligrafi dan Tari Kreasi Daerah dalam dua kategori putra dan putri.

Dari kegiatan tersebut, Kabupaten Pekalongan berhasil mendapat dua emas atau juara pertama dari lomba Karya Ilmiah Kepemudaan untuk kategori putra dan putri dan dinyatakan sebagai peroleh medali emas terbanyak.

Baca juga:Keren, Santri Asal Batang ini Jadi Peserta Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Kepala Bidang Pemuda Ari Arifianto, Sabtu, 30 September 2023, mengatakan, juara 1 Karya Ilmiah Pemuda Putra atas nama Wasis Efendy dengan judul "Pemberdayaan Pemuda Petani Petungkriyono Melalui Sistem Pertanian Paralel".

Sedangkan juara 1 karya ilmiah pemuda putri atas nama Isna Karimah dengan judul “Peran Pemuda dalam Pelestarian Kerajinan Anyaman Bambu sebagai Warisan Abadi yang Bernilai Ekonomi Berbasis Pendampingan Terintegrasi,”.

“Setahu saya ini merupakan pertama kalinya Kabupaten Pekalongan menjadi juara umum dalam Jambore Pemuda tingkat Jawa Tengah. Meski pada tahun sebelumnya juga mendapat dua emas yakni pada lomba Karya Ilmiah Kepemudaan dan Pidato Bahasa Inggris, namun dari daerah lain ada yang mendapat lebih dari dua emas,” katanya.

Ditambahkan Ari, prestasi ini dipersembahkan khususnya untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang.

Baca lagi:Kota Pekalongan Kirimkan 1 Pelajar Pada Jambore Dunia 2023 di Korea Selatan

“Ini sekaligus bukti nyata bahwa pemuda Kabupaten Pekalongan juga bisa berprestasi. Untuk itu kami mengajak kepada pemuda Kota Santri yang mempunyai prestasi agar bisa mengembangkan SDM-nya dan mengangkat potensi lokal,” ajaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: