Batik Celup Ikat, Karya Seni Batik yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah Lho!

Batik Celup Ikat, Karya Seni Batik yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah Lho!

Kaos Tie Dye merupakan hasil dari Batik Celup Ikat yang telah berhasil dijual hingga luar negeri.--Shopee

BACA JUGA:Asli Cakep Banget! Yuk Kenali Batik Shibori, Motif Batik Asli Negeri Sakura Jepang dan Keunikannya

Contoh, semisal kita akan menggambar sebuah tanda di tengah-tengah pada kain atau baju putih polos. Letakkan kelereng tersebut pada tengah kain, kemudian putar kain di bagian bawah kelereng lalu ikat menggunakan karet gelang.

Ikatan tersebut nantinya akan membuat kelereng menjadi menonjol berbentuk bulat pada kain. Lakukan hal tersebut hingga seluruh kain habis dengan ikatan kelereng tersebut.

Selanjutnya didihkan air bersih di panci, lalu masukkan pewarna tekstil hingga warna menyatu dengan air mendidih tadi.

Langkah selanjutnya, masukkan kain yang telah diikat tadi ke dalam air mendidih yang telah dicampur pewarna tekstil, lalu adus terus hingga kain berubah warna sesuai dengan yang diingkan.

Setelah kain berubah warna, angkat kain tersebut untuk didinginkan. Lakukan hal tersebut secara berulang sesuai dengan bentuk motif yang akan dibentuk.

Kemudian siapkan ember berisi air bersih untuk mencelupkan kain yang telah berubah warna tersebut tanpa melepaskan ikatannya. Jika sudah dimasukkan ke dalam air bersih, jemur kain tanpa membuka ikatannya.

Setelah kain kering, lepaskan semua ikatan yang berisi kelereng tadi satu-persatu. Kemudian setrika lah kain atau baju tersebut. Kain tersebut berubah menjadi batik celup ikat.

BACA JUGA:Keunikan Motif Batik Naga Seba dari Cirebon, Motif yang Penuh Makna Kehidupan

Nah itulah alat dan bahan serta proses pembuatan batik celup ikat yang bisa kamu lakukan di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat. (SJ)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: