Kamu Panuan? Yuk Kenali Penyebab Panu, Gejala, Faktor Risiko dan Cara Mengatasinya

Kamu Panuan? Yuk Kenali Penyebab Panu, Gejala, Faktor Risiko dan Cara Mengatasinya

penyebab panu-dokter nessy-@instagram

Cara Mengobati Panu

Panu merupakan kondisi yang tidak membahayakan dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, kondisi kulit seperti ini tentu dapat mengganggu penampilanmu dan pastinya bisa bikin kamu ngga nyaman.

BACA JUGA:Ingin Kulit Kemilau Alami? Cobalah 12 Khasiat Daun Sirih Merah

BACA JUGA:Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit, Ini 12 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Wajah

BACA JUGA:Rambut Rontok Parah? Berikut 7 Vitamin dan Nutrisi Penting yang Dapat Mencegah Kerusakan Kulit Kepala

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang sesuai dengan kondisi panu yang kamu alami. Obat panu yang biasa digunakan yaitu antijamur dalam bentuk oles dan minum.

Sebagai upaya pengobatan dan cara menghilangkan panu, dokter biasanya akan memberikan krim yang mengandung selenium sulfide, pyrithione zinc, dan ketoconazole. Krim atau salep ini tidak hanya meringankan gejala, namun kandungan yang ada di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Apabila krim yang diberikan dokter tidak bekerja dengan baik, maka kamu bisa menggunakan cara lain untuk mengobati panu yaitu mengonsumsi obat minum, seperti flukonazol dan itraconazole. Konsumsi obat-obatan tersebut juga harus sesuai anjuran dokter agar panu dapat ditangani dengan baik dan tidak kembali lagi.

Cara Mencegah Panu

Nah, untuk mencegah agar kamu tidak panuan paling efektif yaitu rajin menjaga kebersihan kulit. Selain itu, beberapa hal berikut ini juga dapat membantumu agar terhindar dari panu, antara lain:

  • Mengenakan pakaian longgar.
  • Menghindari berada di bawah matahari terlalu lama.
  • Usahakan mengganti pakaian apabila berkeringat.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit.

Meskipun bukan permasalahan yang serius, penyakit panu tetap harus ditangani dengan tepat agar kulitmu juga bisa kembali ke kondisi semula. (PEH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: