Bukan Sekedar Kuliner Jadul di Desa, Inilah 7 Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bukan Sekedar Kuliner Jadul di Desa, Inilah 7 Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Keong sawah selain lezat juga kaya manfaat untuk kesehatan.-Tangkapan layar kanal Youtube Bunbunz Kitchen.-

3. Menutrisi otak

Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), keong sawah bermanfaat untuk memastikan otak dapat bekerja dengan baik. Omega 3 mampu mengurangi stres oksidatif, mengoptimalkan perkembangan otak pada anak, hingga meningkatkan daya ingat. Sedangkan fungsi omega 6 membantu melancarkan fungsi sel-sel saraf di otak.

Baca lagi:7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bumbu Masak yang Ampuh Cegah Hipertensi

4. Bagus untuk pertumbuhan tulang

Anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik jika asupan protein dan kalsiumnya terpenuhi. Dua nutrisi ini dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Bila kekurangan zat gizi ini, anak-anak akan berisiko mengalami masalah pertumbuhan, bahkan stunting. 

Salah satu cara memenuhi kebutuhan protein ini adalah dengan mengenalkan masakan keong sawah kepada anak-anak. Terdapat sekitar 129 mg kalsium dalam setiap 100 gram sajian keong sawah. Ini berarti memenuhi setidaknya 10 persen kebutuhan kalsium harian. Tak hanya baik untuk pertumbuhan tulang anak, manfaat tutut juga bisa dinikmati oleh orang dewasa untuk memperkuat kepadatan tulang.

5. Mencegah anemia

Keong sawah dapat menjadi sumber zat besi. Mineral ini penting untuk membentuk sel darah merah dan sel otot.

Kekurangan zat besi biasanya disebut dengan anemia. Anemia ditandai dengan sering kelelahan, kulit pucat, pusing, nyeri dada, hingga kehilangan nafsu makan. Untuk mencegahnya, keong sawah bisa dikonsumsi sebagai sumber zat besi yang lezat dan murah.

6. Mencegah kolesterol tinggi

Lemak pada keong sawah merupakan asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi tingkat kolesterol. Tak hanya mencegah naiknya kadar kolesterol jahat, asam lemak tak jenuh ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan begitu, kadar gula darah akan lebih terjaga.

Baca juga:Ingin Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda, Rajinlah Makan Buah Pepaya

Efek Negatif Makan Keong Sawah

Setiap makanan mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan keong sawah. Di balik rasa lezat keong sawah, perlu diwaspadai juga beberapa efek negatif yang muncul akibat konsumsi keong sawah.

Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh konsumsi keong sawah seperti dilansir halosehat:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: