Bukan Sekedar Kuliner Jadul di Desa, Inilah 7 Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bukan Sekedar Kuliner Jadul di Desa, Inilah 7 Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Keong sawah selain lezat juga kaya manfaat untuk kesehatan.-Tangkapan layar kanal Youtube Bunbunz Kitchen.-

Baca lagi:Cocok untuk Lansia, Ini Dia Makanan Penguat Tulang yang Baik untuk Melawan Osteoporosis

4. Kalsium

Keong mas kaya kandungan kalsium. Ada 217 mg kalsium di tiap 100 gram daging keong sawah. Ini sama dengan kita meminum segelas susu. Kalsium penting untuk kesehatan tulang, gigi, jantung, dan sistem syaraf.

Tak hanya itu, keong sawah juga mengandung mineral fosfor 60,52 mg, kalsium 129,18 mg, potasium 71, 13 mg, zat besi 10,90 mg, sodium 0,04 mg, magnesium 31,19 mg, dan zinc 1,31 mg. Semuanya dalam skala per 100 gram. 

Kandungan zat besi dalam keong sawah juga tinggi. Unsur ini penting untuk pembentukan darah merah. Karena zat besi dalam keong sawah bersifat akuatik, maka bisa cocok untuk wanita hamil dan anak-anak. 

Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan

Berikut manfaat keong sawah untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Memelihara daya tahan tubuh

Dengan kandungan vitamin A, B, dan C, keong sawah dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak gampang sakit.

Manfaat vitamin C, menghasilkan sel darah putih penghasil antibodi. Selain itu, mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas ini bisa memicu munculnya berbagai penyakit. 

Baca juga:Jaga Kesehatan Kulit dan Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 9 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

2. Bantu penuhi kebutuhan protein

Menurut jurnal Food Research 4 (2020), seperti dilansir hellosehat, alternatif sumber protein hewani yang baik dan rendah lemak bisa diperoleh dari keong sawah.

Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel agar bisa berfungsi dengan baik. Tubuh akan rentan terhadap penyakit jika kekurangan protein. Pasalnya, proteinlah yang memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi.

Manfaat lainnya, protein pada keong sawah bisa mempercepat penyembuhan dan pemulihan setelah sakit. Sebab, protein mampu merangsang regenerasi sel-sel baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: