Bukan Sekedar Kuliner Jadul di Desa, Inilah 7 Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bukan Sekedar Kuliner Jadul di Desa, Inilah 7 Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Keong sawah selain lezat juga kaya manfaat untuk kesehatan.-Tangkapan layar kanal Youtube Bunbunz Kitchen.-

RADARPEKALONGAN - Keong sawah merupakan salah satu kuliner jadul di desa. Tak disangka dengan harganya yang terjangkau, manfaat keong sawah untuk kesehatan begitu luar biasa. 

Tak hanya lezat, keong sawah yang memiliki nama latin Pila ampullacea ini kaya nutrisi. Manfaat keong sawah untuk kesehatan diantaranya menjaga imunitas tubuh, mencegah kolesterol, mencegah anemia, hingga memenuhi kebutuhan protein tubuh. 

Di desa, kuliner keong sawah biasanya disandingkan dengan klubanan, pecel, rujak, dan kolak. Banyak masyarakat yang memburu kuliner lawas ini karena citarasanya yang lezat. 

Selain dijual di pasar dengan harga terjangkau, keong sawah juga masih banyak dijumpai di sawah di desa. Masyarakat kerap memasak keong sawah menjadi berbagai menu makanan yang lezat untuk lauk atau sekedar buat cemilan.

Baca juga:Sangat Cepat dan Efektif! Inilah Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Kandungan Gizi Keong Sawah

Dilansir halosehat, berikut ini beberapa kandungan gizi keong sawah yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Protein

Berdasarkan penelitian, kandungan protein dalam keong sawah mencapai 50 persen. Makanya, bisa dijadikan sebagai alternatif sumber protein hewani. 

2. Omega 3, 6, 9

Omega 3,6 dan omega 9 terdapat dalam keong sawah. Omega 3 dan 6 sangat penting dalam perkembangan otak, mengatur keteraturan tekanan darah, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Omega 9 mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan, omega 3, 6, dan 9 berperan dalam kecantikan dan kesehatan rambut.

3. Vitamin

Vitamin A, vitamin E, dan folat terdapat dalam keong sawah. Vitamin A penting untuk kesehatan mata. Vitamin E berkhasiat dalam proses regenerasi kulit dan kesehatan kulit. Sementara, asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk perkembangan janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: