Mitos Atau Fakta Gerakan Yoga Efektif Osteoporosis? Coba 4 Gerakan Yoga untuk Cegah Osteoporosis Ini

Mitos Atau Fakta Gerakan Yoga Efektif Osteoporosis? Coba  4 Gerakan Yoga untuk Cegah Osteoporosis Ini

gerakan yoga efektif untuk mencegah osteoporosis-ilustrasi utthita hasta padangusthasana-Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Banyak orang yang ragu dan bertanya-tanya apa benar gerakan yoga efektif untuk mencegah osteoporosis? Apakah medis setuju dengan pendapat bahwa yoga dapat menurunkan risiko osteoporosis?

Sebelum kita mengetahui jawabannya, yuk kita ketahui terlebih dahulu apa yoga itu dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan.

Yoga merupakan jenis olahraga yang mengombinasikan antara pikiran dan tubuh. Olahraga ini telah dilakukan sejak 5.000 tahun lalu dalam filofosi India kuno dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berbagai gaya yoga menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Pose yang diyakinin bisa meningkatkan kontrol pikiran dan tubuh, serta meningkatkan kesejahteraan dalam beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA:Apa Itu Osteoporosis? Bagaimana Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Ini Cara Mengobatinya

BACA JUGA:Apa Itu Kutu Air? Inilah pengertian, Penyebab, dan Gejala Kutu Air yang Wajib Kalian Ketahui

Yoga telah  terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Bahkan, yoga ini digadang dapat menjaga kesehatan tulang,.

Sehingga tak sedikit orang yang berpendapat bahwa yoga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi osteoporosis.

Merujuk pada sebuah penelitian yang menemukan bahw lansia yang rutin berlatih yoga selama 2 tahun. Hasil yang didapat dari penelitian tersebut adalah wanita tersebut mengalami peningkatan massa tulang atau kepadatan tulang punggung secara signifikan.

Disebutkan pula wanita lansia yang melakukan yoga secara rutin dan teratur mengalami peningkatan kepadatan tulang pada bagian panggul. Meskioun tak begitu signifikan seperti tulang punggung.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 3 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mencegah Osteoporosis

BACA JUGA:Ingin Terhindar Dari Osteoporosis? Inilah Cara Sederhana Mencegah Osteoporosis, 1-4 Wajib Banget Kalian Penuhi

Untuk itu, terlepas dari temua medis teresbut, yoga ini diklaim mampu mencegah osteoporosis meskipun tidak sesignifikan olahraga pencegah osteoporosis lainnya.

Lantas apa saja gerakan yoga yang efektif mencegah osteoporosis? Berikuy ini beberapa gerakan yoga efektif untuk mencegah osteoporosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: