Bagus untuk Lansia, Inilah 10 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Ampuh

Bagus untuk Lansia, Inilah 10 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Ampuh

Sayuran Penurun Darah Tinggi --freepik.com/freepik

Tomat juga memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Sayuran penurun tekanan darah tinggi ini juga mengandung likopen atau pemberi warna merah pada tomat. Likopen adalah salah satu antioksidan yang mampu membantu menurunkan darah tinggi.

3. Bayam

Tidak hanya kaya akan kalium, bayam juga memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Kandungan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi kekakuan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:Bayam sebagai Sayur Rebus untuk Diet, Tidak Hanya Bikin Langsing, Ada juga 7 Manfaat Lainnya

4. Wortel

Wortel mengandung banyak nutrisi yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Berdasarkan studi tahun 2023, mengombinasikan sayur dan buah penurun tekanan darah tinggi secara teratur, termasuk wortel, dapat bermanfaat menurunkan hipertensi hingga 11 persen.

5. Kale

Kale merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi.

Sayuran ini kaya nutrisi, seperti kalsium, kalium, vitamin B6, magnesium dan serat. Kandungan itulah yang membuat kangkung menjadi salah satu sayuran penurun tekanan darah tinggi.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki rasa yang kuat sehingga lebih sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Selain memberikan tambahan rasa, bawang putih memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi kekakuan pembuluh darah.

Namun, manfaat ini biasanya akan didapatkan ketika mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah besar. Sebelum mencoba sayuran penurun tekanan darah tinggi ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

BACA JUGA:Apakah Stroke Dapat Disembuhkan? Ini Dia Fakta dan Mitos Stroke yang Wajib Kamu Tahu

7. Brokoli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: