Bagus untuk Lansia, Inilah 10 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Ampuh

Bagus untuk Lansia, Inilah 10 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Ampuh

Sayuran Penurun Darah Tinggi --freepik.com/freepik

Brokoli juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi seperti sayuran lainnya. Kamu bisa mendapatkan manfaat sayuran ini dengan mengonsumsi empat porsi atau lebih brokoli setiap minggunya.

8. Terong

Berdasarkan studi tahun 2021, terong memiliki sifat antihipertensi yang dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsi 15 porsi terong secara teratur per minggu untuk mendapatkan manfaatnya sebagai sayuran penurun tekanan darah tinggi.

9. Seledri

Seledri termasuk dalam sayuran penurun tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya.

Selain itu, nutrisi yang beragam pada seledri, mulai dari antioksidan, vitamin K, folat, kalium, serat, mangan, dan asam pantotenat membuat sayuran ini sehat untuk tubuh secara keseluruhan.

10. Bit

Bit merupakan sayuran umbi-umbian yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jenis sayuran ini dapat dikonsumsi secara langsung dan tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Kebanyakan orang mengonsumsi sayuran ini dengan cara dijus.

Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2018, konsumsi jus bit secara rutin selama dua minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

BACA JUGA:9 Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Diet DASH, Diet yang Dianjurkan Bagi Penderita Hipertensi

Nah, itu dia beberapa sayuran untuk menurunkan darah tinggi yang bisa dicoba. Sebaiknya konsumsi sayuran penurun tekanan darah tinggi saat baru dimasak.

Pasalnya, beberapa sayuran hijau yang dikonsumsi setelah lima jam dari waktu memasak mungkin dapat menyimpan masalah kesehatan lainnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: