Cegah Sedini Mungkin! Ini Dia Penyakit yang Sering Dialami Lansia Pada Umur 50 ke Atas

Cegah Sedini Mungkin! Ini Dia Penyakit yang Sering Dialami Lansia Pada Umur 50 ke Atas

Penyakit yang Sering Dialami Lansia--freepik.com/freepik

BACA JUGA:Wajib Diketahui Terutama Lansia, 10 Ciri Osteoporosis yang Harus Diwaspadai sejak Dini

6. Diabetes

Diabetes atau yang biasa dikenal dengan sebutan kencing manis, juga merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang sering terjadi pada lansia. Alasannya, usia tua menyebabkan banyak perubahan pada tubuh lansia.

Hal ini mengakibatkan banyak lansia yang menderita diabetes, karena tubuh mereka tidak dapat menggunakan gula darah secara efisien. 

Diabetes merupakan penyakit yang dijuluki sebagai "ibu dari segala penyakit", sehingga perlu perhatian khusus bagi lansia yang mengidap penyakit ini.

Mengontrol asupan makanan lansia dan olahraga teratur adalah dua cara penting untuk mengontrol kadar gula darah.

7. Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit yang menyerang paru-paru dan sering terjadi pada lansia. Umumnya disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan kantung udara di paru-paru meradang dan membengkak.

Pembengkakan terjadi karena kantung-kantung udara dalam paru-paru penuh dengan cairan.

Kondisi ini lebih rentan terjadi pada lansia yang memiliki kebiasaan merokok, memiliki kondisi kesehatan tertentu yang berhubungan dengan organ paru-paru, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

8. Kanker

Bertambahnya usia meningkatkan potensi pertumbuhan sel abnormal yang menyebabkan kanker. Faktanya, menurut American Cancer Society, 77% dari seluruh kasus kanker terjadi pada orang berusia 55 tahun ke atas.

Beberapa jenis kanker yang lebih rentan terjadi pada lansia adalah kanker kulit, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kolorektal, kanker prostat, kanker kandung kemih, limfoma non-Hodgkin, dan kanker perut.

BACA JUGA:Mampu Mencegah Kanker dan Menurunkan Risiko Diabetes, Inilah 9 Makanan Sumber Vitamin D

9. Depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: