Cegah Sedini Mungkin! Ini Dia Penyakit yang Sering Dialami Lansia Pada Umur 50 ke Atas

Cegah Sedini Mungkin! Ini Dia Penyakit yang Sering Dialami Lansia Pada Umur 50 ke Atas

Penyakit yang Sering Dialami Lansia--freepik.com/freepik

Lansia juga dapat mengalami depresi. Meskipun kondisi ini cukup umum terjadi pada lansia, bukan berarti depresi merupakan bagian dari proses penuaan.

Biasanya, penyakit mental ini terjadi pada lansia ketika terjadi banyak perubahan dalam hidup yang membuatnya merasa kesepian, terisolasi, dan tidak percaya diri.

Depresi dapat menyebabkan perasaan sedih, pesimis, putus asa, kehilangan nafsu makan atau bahkan makan berlebihan, kehilangan semangat untuk menjalani hari, dan masih banyak lagi.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi dan menyembuhkan depresi.

10. Penyakit Alzheimer dan demensia

Penyakit Alzheimer adalah salah satu jenis demensia yang paling umum dialami oleh para lansia.

Sayangnya, banyak orang yang mengira bahwa ini adalah penyakit orang tua sehingga wajar dialami oleh lansia. Padahal, demensia atau penyakit Alzheimer bukanlah bagian dari proses penuaan, melainkan masalah kesehatan pada lansia.

Penyakit Alzheimer menyebabkan hilangnya daya ingat dan kesulitan berpikir atau mengambil keputusan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Faktor risiko penyakit ini adalah usia, riwayat kesehatan keluarga, dan keturunan.

11. Penyakit Parkinson

Penyakit lain yang mungkin terjadi pada lansia adalah penyakit Parkinson. Penyakit ini merupakan gangguan neurologis progresif yang dapat menyebabkan tremor, kekakuan, dan gerakan tersentak-sentak pada lansia.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 9 Jenis Makanan untuk Merawat Kesehatan Mata untuk Anak, Remaja, hingga Lansia

Biasanya, kondisi ini terjadi pada lansia setelah memasuki usia 60 tahun, meskipun tidak semua kasus Parkinson terjadi pada lansia.

Pria memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit Parkinson dibandingkan wanita. Faktor genetik dan lingkungan mungkin berperan. Cedera otak traumatis dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: