Inilah Daftar Makanan untuk Kesehatan Jantung yang Wajib Dikonsumsi Sehari-hari

Inilah Daftar Makanan untuk Kesehatan Jantung yang Wajib Dikonsumsi Sehari-hari

Makanan untuk Kesehatan Jantung--freepik.com/jcomp

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah apel dan delima memiliki kandungan nutrisi yang serupa. Salah satu kandungan yang dimiliki ada adalah polifenol. Namun uniknya, polifenol pada buah apel justru terdapat pada kulit apel.

Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi apel tanpa mengupas kulitnya. Selain itu, apel dapat membantu melindungi jantung karena kandungan probiotiknya.

Probiotik berfungsi sebagai 'makanan' bagi bakteri baik dalam usus, yang juga dapat melindungi jantung.

4. Brokoli, Bayam dan Kangkung

Diet sehat tidak akan lengkap tanpa sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung senyawa karotenoid yang berperan sebagai antioksidan dan melawan senyawa yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh, terutama jantung.

Brokoli, bayam dan kangkung kaya akan serat dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa sayuran hijau seperti kangkung juga mengandung omega-3 yang merupakan asupan lemak baik bagi tubuh.

Semakin banyak lemak baik yang dikonsumsi tubuh, maka jantung akan terhindar dari masalah.

BACA JUGA:Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Mencegah Anemia, Inilah Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

5. Buah Bit

Buah bit mengandung senyawa bioaktif unik yang disebut betalain. Senyawa ini juga yang memberikan warna merah keunguan pada bit.

Betalain memiliki kemampuan antioksidan dan antiinflamasi yang melindungi beberapa sistem dalam tubuh, termasuk kesehatan jantung. Kandungan nitrat alami dalam bit dapat melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah.

Bit juga dapat mengurangi stimulasi berlebihan pada sistem saraf yang terjadi pada penyakit jantung. Kamu dapat menikmati buah bit sebagai bahan salad atau dibuat menjadi jus buah.

6. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang-bawangan seperti bawang merah dan bawang putih juga dapat mendukung kesehatan jantung sehingga menjadi makanan yang cocok untuk penderita penyakit jantung.

Bawang merah dan bawang putih dapat mengurangi peradangan dalam tubuh termasuk mencegah penyumbatan pada arteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: