Mampu Menguatkan Tulang, Inilah Daftar Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi

Mampu Menguatkan Tulang, Inilah Daftar Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi

Daftar Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi--freepik.com/stefamerpik

Banyak orang mengira bahwa blackcurrant sama dengan anggur hitam. Padahal, buah yang mengandung kalsium ini lebih pantas masuk ke dalam kelompok berry. Salah satu alasannya adalah karena ukuran blackcurrant yang lebih kecil dari anggur.

Meskipun ukurannya kecil, blackcurrant tetap kaya akan manfaat seperti meringankan gejala menopause, mengurangi peradangan (terutama pada wanita hamil), dan sebagai sumber kalsium tentunya.

Satu porsi 100 gram blackcurrant mengandung 55 mg kalsium. Kadar ini tentu cukup besar mengingat ukurannya yang mini.

BACA JUGA:Menguatkan Tulang, Inilah 8 Susu untuk Lansia yang Mengandung Vitamin D dan Kalsium

11. Jeruk nipis

Dalam 100 gram jeruk nipis mengandung 33 mg kalsium. Jeruk nipis juga memiliki manfaat lain seperti dapat membantu menurunkan berat badan, mencerahkan kulit, mengatasi sembelit, dan penambah rasa alami pada masakan.

12. Pepaya

Kandungan kalsium dalam 100 gram pepaya adalah 20 mg. Pepaya juga memiliki beragam manfaat luar biasa untuk tubuh, diantaranya mencegah kanker usus besar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan sistem kardiovaskular, dan enzim Papain juga efektif untuk mengurangi rasa sakit akibat luka dalam.

13. Stroberi

Salah satu alasan mengapa stroberi efektif untuk mencegah kram menstruasi adalah karena kandungan kalsiumnya (16 mg/100 g). Stroberi juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi gangguan mata. Mengonsumsi stroberi secara teratur dapat meningkatkan penglihatan berkat kandungan vitamin C-nya.

14. Jambu biji

Baik dikonsumsi mentah maupun dijus, jambu biji menyimpan segudang nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain mengandung kalsium (18 mg/100 g), jambu biji juga sarat akan likopen, antioksidan, asam folat, dan vitamin C.

15. Jeruk keprok

Buah yang mengandung kalsium berikutnya adalah jeruk keprok. Setiap 100 gramnya mengandung 37 mg kalsium, dan kadar ini dapat memenuhi 4% angka kecukupan gizi.

16. Clementine

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: