Jangan Sampai Tertukar, Ini Dia Perbedaan Tinju dan Kickboxing? Mana Lebih Banyak Bakar Kalori?

Jangan Sampai Tertukar, Ini Dia Perbedaan Tinju dan Kickboxing? Mana Lebih Banyak Bakar Kalori?

Ilustrasi perbedaan tinju dan kickboxing, mana lebeih efektif bakar lemak?-Freepik.com-

BACA JUGA:Kickboxing sebagai Seni Beladiri Banyak Manfaat, Dari Menurunkan Berat Badan Hingga Jadi Penghilang Stres

2. Dari Segi Teknik

Dari segi teknik, tinju sebagai olahraga pertarungan yang hanya mencakup serangan dari pukulan tangan, dengan memadukan irama gerakan tubuh dan kaki.

Sedangkan kickboxing, sama-sama olahraga pertarungan namun dengan jenis serangan yang lebih luas. Yaitu mencakup teknik pukulan tangan dan juga tendangan kaki.

3. Dari Segi Jarak dalam Pertarungan

Olahraga tinju memerlukan jarak jangkau yang lebih dekat, untuk mendaratkan pukulan tangan ke lawan. Sedangkan kickboxing, lebih menjaga jarak karena butuh ruang lebih luas untuk gerakan menendang menggunakan kaki.

Jika masuk ke dalam pertandingan, antara tinju dan kickboxing juga memiliki aturan yang berbeda.

Sehingga jelas meski sekilas terlihat mirip dari gerakan pukulan yang sama-sama dimiliki, namun antara tinju dan kickboxing adalah dua jenis olahraga yang berbeda.

Mana yang Lebih Efektif Membakar Lemak?

Tinju dan kickboxing sama-sama olahraga yang efektif dalam membakar lemak tubuh. Namun pembakaran kalori dengan olahraga tinju dan kickboxing sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

BACA JUGA:Mengenal Olahraga Pound Fit yang Seru, Benarkah Efektif Menurunkan Berat Badan?

BACA JUGA:Agar Lebih Efektif Turunkan Berat Badan, Perhatikan 7 Tips Zumba Berikut Ini!

Di antara faktor yang memengaruhi pembakaran kalori kickboxing dan tinju seperti berat badan, intensitas latihan, durasi, dan teknik yag digunakan.

Namun jika dilihat dari segi teknik, kickboxing dapat membakar kalori lebih banyak daripadaa tinju. Hal ini karena kickboxing juga melibatkan gerakan tendangan dari bagian tubuh bawah.

Saat menendang tubuh cenderung membutuhkan lebih banyak energi, karena beban yang lebih berat daripada saat memukul yang hanya menggunakan tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: