Ketahui 6 Cara Memakai Laptop yang Baik dan Benar, Wajib Simak Bagi Pemula!

Ketahui 6 Cara Memakai Laptop yang Baik dan Benar, Wajib Simak Bagi Pemula!

Ketahui 6 Cara Memakai Laptop yang Baik dan Benar, Wajib Simak Bagi Pemula!-freepik.com-

Sebagaimana keyboard pada umumnya, keyboard terdiri dari beberapa tombol seperti tombol abjad, angka, karakter serta aksen.

Tombol-tombol khusus untuk menunjang fungsi keyboard diantaranya:

  • Space Bar berfungsi sebagai pemberi jarak atau spasi antar huruf dalam kegiatan pengetikan.
  • Caps Lock berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan setelah huruf kapital.
  • Enter Berfungsi sebagai pemberi jeda barisan ketika pengetikan
  • Esc Berfungsi untuk keluar dari jendela program tertentu dan membatalkan perintah 

5. Mengoperasikan Aplikasi Baru di Laptop

Mengunduh aplikasi baru di laptop terdiri dari dua cara yaitu mengunduh dan menginstal secara langsung atau menggunakan USB.

Bagi pemula yang ingin  mengoperasikan aplikasi baru di laptop harus berhati-hati karena  memicu kemungkinan memperoleh virus. 

Virus akibat mengunduh aplikasi dapat memengaruhi sistem operasi di laptop. Berikut tips menginstall aplikasi terutama bagi pemula sebagai berikut:

  • Install aplikasi antivirus di laptop
  • Pastikan mengunduh dan menginstal aplikasi dari situs resmi dan sudah terpercaya. Hindari mengunduh dan menginstal dari situs yang tidak dikenal.
  • Wajib menggunakan aplikasi perangkat lunak yang memiliki lisensi demi menjaga keamanan laptop.
  • Rajin memeriksa dan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.

6. Memahami Cara Perawatan Laptop

Sebagai pengguna laptop yang baik dan bijak, harus mempelajari cara perawatannya.  Laptop termasuk kategori produk elektronik yang rentan dengan benda-benda tertentu. 

Laptop sensitif terhadap debu, sinar matahari, area lembab, air, dan suhu lingkungan tertentu. Beberapa hal tersebut membuat pengguna laptop lebih peka dan berhati-hati untuk menjaganya.

Laptop harus diletakkan pada permukaan benda yang rata dan kokoh yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Pengguna dapat meletakkan laptop pada meja kayu atau kaca.

Jangan meletakkan laptop pada kasur, bantal dan selimut karena hal ini memicu laptop mengalami overheat.  Kondisi seperti ini akan mempengaruhi daya tahan baterai dan papan sirkuit.

Bagi pengguna, hindari pula kebiasaan memangku laptop  di atas paha. Karena hal ini akan membuat laptop sulit menghantarkan panasnya. Selain itu, hal ini membawa pengaruh buruk pada kesehatan penggunanya.

Itulah informasi tentang cara memakai laptop yang baik dan benar. Semoga informasi di atas dapat mudah dipahami dan dipelajari oleh para pemula yang ingin belajar laptop. Semoga membantu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://datascripmall.id/blog/cara-menggunakan-laptop-untuk-pemula/