Cari Tahu Panduan Lengkap Jenis Serta Jadwal Vaksin Kucing: Langkah Bijak untuk Menjaga Kesehatan Anak Bulu

Cari Tahu Panduan Lengkap Jenis Serta Jadwal Vaksin Kucing: Langkah Bijak untuk Menjaga Kesehatan Anak Bulu

Jenis Serta Jadwal Vaksin Kucing -gpointstudio/Freepik-

Tujuan utama dari vaksin ini adalah pencegahan terhadap leukimia kucing yang bisa menular dari hewan atau kucing liar lain.

Sifat dari vaksin ini adalah wajib setelah pemberian vaksin FVRCP untuk kucing yang berisiko tinggi terpapar virus.

Pemberiannya bisa dimulai sejak kucing masih muda yang usianya kurang dari satu tahun.

BACA JUGA: Jangan Salah Pilih! Ini Dia Ras Kucing yang Tidak Cocok Dipelihara oleh Zodiak Tertentu, Bisa Bikin Kamu Capek

4. Vaksin Chlamydophila Felis

Sama seperti vaksin FVRCP, vaksin ini juga mencegah kucing terjangkit penyakit dari tiga jenis virus berbahaya yang bisa menyebabkan kucing terkena serangan penyakit berat.

Namun, dalam vaksin satu ini, ada tambahan bahan yang akan membuat kucing kebal terhadap virus chlamydia yang mana menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

Vaksin ini adalah tipe tambahan dan tidak bersifat wajib. Namun, kucing tetap bisa mendapatkan vaksin ini berdasarkan anjuran dokter.

BACA JUGA: Mengupas Sisi Lain Sifat Kucing Berdasarkan Zodiaknya: Lucu sekaligus Unik, Kucing Kamu Kayak Gini Juga Gak?

5. Vaksin Bordetella

Sesuai dengan anjuran dokter, vaksin ini bisa diberikan kepada kucing untuk mencegah kucing terinfeksi bakteri bordetella yang menyerang saluran pernapasan.

Jika tidak ditangani, bakteri ini bisa menyebabkan kucing flu, bahkan terkena pneumonia, atau penyakit yang membuat radang pada paru-paru.

BACA JUGA: Ini Dia Zodiak yang Suka Memelihara Kucing: Dari Leo yang Tangguh Hingga Pisces yang Lembut, CatLover Sejati!

Jadwal Vaksin Kucing

Umumnya, vaksin pertama diberikan pada kitten berusia 6-8 minggu. Vaksin kedua diberikan setelah usia kitten menginjak 10-12 minggu, kemudian dilanjutkan dengan vaksin ketiga di usia sekitar 20 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: