Bagaimana Tips Anti Gagal Membuat Bolu Pisang Tanduk yang Empuk dan Mengembang? Intip Rahasia Membuatnya

Bagaimana Tips Anti Gagal Membuat Bolu Pisang Tanduk yang Empuk dan Mengembang? Intip Rahasia Membuatnya

Bagaimana Tips Anti Gagal Membuat Bolu Pisang Tanduk yang Empuk dan Mengembang? Intip Rahasia Membuatnya - Youtube Nuu Kitchen-

RADARPEKAONGAN.DISWAY.ID -  Begini tips mudah membuat bolu pisang tanduk yang empuk dan mengembang. Dari sekian banyaknya resep yang ada, tidak semuanya mudah dipraktekkan. Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Salah satu  jenis olahan pisang yang populer dan banyak digemari adalah bolu pisang. Olahan ini juga dapat dibuat dari berbagai jenis pisang salah satunya pisang tanduk.

Pisang tanduk cenderung memiliki tekstur daging yang keras, namun jenis pisang seperti ini justru cocok dijadikan olahan. Meski begitu, untuk menghasilkan bolu pisang tanduk yang empuk dan mengembang harus memperhatikan tips membuatnya.

Karena untuk memperoleh cita rasa dan tekstur yang diinginkan, penting untuk mempelajari dahulu sebelum membuat  bolu pisang tanduk. Apalagi sekarang ini tidak sulit untuk mencari resep bolu pisang tanduk sesuai dengan keinginanmu. 

BACA JUGA:Apa Manfaat Konsumsi Pisang Kepok Rebus? Cari Tahu Manfaat dan Olahan Pisang Kepok yang Sehat Selain Direbus

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Buat Pisang Crispy yang Renyah dan Garing Seharian? Cari Tahu Kuncinya Pada Hal-Hal Berikut

Berikut beberapa tips mudah dalam membuat bolu pisang tanduk yang empuk dan mengembang, perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pilihlah pisang tanduk yang sudah masak karena cenderung memiliki rasa yang manis. Pisang yang sudah masak dapat diketahui dari terdapatnya bintik-bintik di kulit pisang. 
  2. Jadi jangan sepelekan tampilan luar pisang yang kurang menarik, justru pisang kematangan lebih enak ketika dijadikan olahan.
  3. Haluskan atau lumatkan pisang menggunakan masher atau garpu sampai teksturnya benar-benar halus dan lembut. Tekstur yang lembek ini justru memudahkan ketika mengaduknya dengan campuran bahan lain.
  4. Agar lebih mudah mengembang, tambahkan pengembang atau emulsifier saat mengaduk kocokan telur. Selain dapat cepat mengembang, adonan menjadi lebih menyatu.
  5. Ketika akan mencairkan mentega atau margarin cukup setengah matang atau sampai lemak dalam mentega maupun margarin tidak terpisah.
  6. Ketika mengaduk gula pasir, telur, emulsifier dengan mixer, pastikan sampai adonan berjejak dan mengembang. Jika kocokan adonan belum berjejak dan mengembang, dapat menghasilkan bolu pisang yang bantat.
  7. Sebelum membuat adonan, dianjurkan untuk mengayak tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk, dan baking powder atau semua bahan kering menggunakan ayakan. Hal ini bertujuan agar memudahkan dalam pengadukan dan adonan menjadi lebih lembut.
  8. Pada bolu pisang kukus, masukkan loyang yang berisi adonan ketika kukusan sudah mendidih. Jika belum mendidih dapat menyebabkan adonan bolu tidak mengembang.
  9. Pada bolu pisang panggang, sangat penting untuk selalu memperhatikan suhu oven. Pastikan suhu oven stabil. Karena jika terlalu panas akan membuat bolu mudah gosong. Suhu umum untuk memanggang bolu yaitu sekitar 180- 200 derajat celcius. Namun hal ini disesuaikan dengan oven masing-masing.

BACA JUGA:Cobain 5 Resep Pisang Goreng Renyah dan Garing yang Cocok Buat Temen Ngopi, Pakai Pisang Kepok Aja!

BACA JUGA:Dijamin Mengembang! Resep Bolu Pisang Kepok Kukus Pakai 2 Telur, Takaran Sendok Disertai Tips Membuatnya

Nah, setelah mengetahui tips antigagal membuat bolu pisang tanduk. Sekarang saatnya mempraktikkan resep membuat bolu pisang tanduk dengan menerapkan beberapa tips di atas. 

Resep bolu pisang tanduk kukus sederhana yang cocok untuk pemula

  • Bahan-bahan:
  • 3 buah pisang tanduk yang sudah masak
  • 150 gr tepung terigu 
  • 150 ml minyak goreng
  • 2 butir telur
  • 6 sdm gula pasir
  • ½ sdt baking soda
  • ½ sdt baking powder
  • ¼ sdt garam
  • Gula halus secukupnya
  • Cara pembuatan:
  1. Kupas pisang yang telah disiapkan lalu potong-potong dahulu agar lebih mudah ketika dihaluskan.
  2. Masukkan potongan pisang ke dalam wadah, kemudian haluskan pisang menggunakan masher atau garpu tetapi jangan terlalu halus tetapi masih sedikit bertekstur.
  3. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga berjejak atau mengembang. Setelah itu tuangkan minyak goreng dan aduk bahan agar tercampur rata.
  4. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, soda kue, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Pastikan semua bahan kering tersebut telah diayak dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan basah.
  5. Aduk semua bahan dengan lembut  sampai tercampur rata.
  6. Siapkan loyang dan olesi dengan minyak goreng. 
  7. Tuang adonan kedalam loyang yang telah diolesi minyak goreng. Pastikan permukaan adonan dalam loyang rata.
  8. Panaskan kukusan, setelah itu kukus adonan bolu selama 30 menit dengan menggunakan api sedang. Agar uap kukusan tidak menetes ke adonan bolu, selimuti tutup kukusan dengan kain.
  9. Apabila sudah matang, angkat bolu pisang tanduk. 
  10. Taburi bolu pisang tanduk dengan gula halus atau topping lainnya sesuai selera. Hidangkan bolu pisang tanduk kukus selagi hangat agar terasa lebih  nikmat.

Itulah tips antigagal membuat bolu pisang tanduk yang empuk dan mengembang. Selamat mencoba dan semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.idntimes.com/food/recipe/naufal-al-rahman-1/tips-membuat-bolu-pisang