Apa yang Menyebabkan Bolu Bantat? Cari Tahu Rahasia Membuat Bolu Pisang Kepok Mengembang, Cuma Pakai 2 Telur !

Apa yang Menyebabkan Bolu Bantat? Cari Tahu Rahasia Membuat Bolu Pisang Kepok Mengembang, Cuma Pakai 2 Telur !

Apa yang Menyebabkan Bolu Bantat? Cari Tahu Rahasia Membuat Bolu Pisang Kepok Mengembang, Cuma Pakai 2 Telur!-Youtube Nophy Kitchen-

RADARPEKAONGAN.DISWAY.ID - Cari tahu rahasia membuat bolu pisang kepok mengembang sempurna. Pasalnya, masalah yang kerap ditemui yaitu hasil akhir bolu yang bantat.

Hal ini membuat suasana hati jadi buruk bukan? Yuk cari tahu jawaban selengkapnya dalam artikel ini.

Bolu dapat dibuat dari berbagai bahan, salah satunya bolu dari buah pisang. Pisang juga memiliki banyak jenis, tetapi pisang kepok menjadi salah satu pisang yang lebih cocok diolah ketimbang dikonsumsi langsung.

Kegagalan yang kerap terjadi ketika membuat bolu pisang ada hasilnya bantat. Nah sebelum membuatnya, sebaiknya mencari tahu dahulu cara membuat bolu pisang kepok mengembang agar tidak jadi produk gagal karena bantet.

Kemungkinan besar bolu yang tidak mengembang disebabkan proses baking atau proses pembuatan adonan yang kurang tepat. Kedua proses ini sangatlah krusial dalam pembuatan bolu.

BACA JUGA:Apa Manfaat Konsumsi Pisang Kepok Rebus? Cari Tahu Manfaat dan Olahan Pisang Kepok yang Sehat Selain Direbus

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Buat Pisang Crispy yang Renyah dan Garing Seharian? Cari Tahu Kuncinya Pada Hal-Hal Berikut

Meskipun bolu pisang yang kamu buat memiliki rasa enak tetapi jika  teksturnya bantat menjadi kurang menarik dikonsumsi. Nah, ingin tahu rahasia membuat bolu pisang kepok memgembang sempurna? Baca artikel ini sampai selesai ya.

Seperti yang disampaikan di awal terkait penyebab bolu pisang tidak mengembang, yaitu pada proses baking atau pemanggangan. Kemungkinan ada faktor yang tanpa disadari ketika proses baking sehingga bolu pisang bantat.

Faktor penyebab bolu bantat yang pertama adalah tidak memanaskan oven. Bolu tidak dapat mengembang sempurna jika memasukkan bolu ketika oven baru dinyalakan atau masih dingin. 

Sebaiknya sebelum memanggang bolu, panaskan dahulu oven pada suhu tertentu. Pemanasan suhu oven bertujuan agar ketika adonan masuk langsung dapat mengembang. 

Panaskan oven selama 10-15 menit atau sampai suhu yang diharapkan sebelum akhirnya memasukkan bolu ke dalam pemanggangan.

Faktor penyebab bolu bantat yang kedua yaitu kebiasaan sering membuka oven padahal bolu belum matang atau mengembang.

Kestabilan suhu pada oven sangat penting untuk diperhatikan, karena inilah penentu hasil akhir bolu mengembang sempurna. Karena dengan sering membuka oven sebelum bolu mengembang membuat temperatur suhu pada oven turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://kumparan.com/ragam-info/3-penyebab-bolu-bantet-yang-sering-terjadi-20ub7cggrsd