Ternyata Ini Loh Kapan Kucing Bisa Divaksin, Apakah Sudah Sesuai dengan Usianya? Simak Faktanya di Sini

Ternyata Ini Loh Kapan Kucing Bisa Divaksin, Apakah Sudah Sesuai dengan Usianya? Simak Faktanya di Sini

Kapan Kucing Bisa Divaksin -freepik/Freepik-

Tujuan utama dari tiga vaksin wajib yang diberikan pada kucing adalah untuk mencegah kucing terkena penyakit saluran pernapasan, leukimia, dan rabies. 

Vaksin wajib ini meliputi vaksin tahap I atau Tricat, vaksin tahap II atau Tetracat, serta vaksin tahap III atau vaksin rabies. 

Namun di luar tiga vaksin wajib, kucing juga bisa mendapatkan vaksin tambahan sesuai dengan kondisi kesehatan atau risiko penyakit si kucing. 

BACA JUGA: Ada Kucing! Berikut 5 Hewan Pembawa Rezeki Menurut Primbon Jawa yang Bisa Bikin Tajir Melintir

BACA JUGA: Leo dan Gemini, Ini Loh Ras Kucing Berkepribadian Aktif yang Pas Jadi Peliharaan Kamu! Anabul Penuh Semangat!

Akan tetapi tidak semua kucing memiliki efek yang sama terhadap vaksin. Dari imun tubuh yang berbeda, setiap kucing tentunya bereaksi berbeda terhadap kandungan yang ada di dalam vaksin. 

Efek samping umum yang biasanya terjadi pada kucing pasca vaksin adalah: gejala ringan yang meliputi gatal-gatal, kemerahan, demam, dan pembengkakan di area sekitar mata, bibir dan leher. 

Ada pula kucing yang mengalami reaksi alergi berat seperti muntah, diare, gusi pucat, bahkan hingga kesulitan bernapas. 

BACA JUGA: Super Santuy! Ini Dia Rekomendasi Ras Kucing Berkepribadian Tenang yang Cocok Dipelihara Zodiak Berjiwa Selow

Namun tidak semua kucing mengalami efek samping ini. Hal paling tidak biasa yang umumnya terjadi pada kucing pasca kucing biasanya hanya penurunan nafsu makan dan sedikit lemas dan lesu. 

Jika kucing sudah memperlihatkan gejala yang lebih berat, sebaiknya segera bawa kucing ke klinik hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

BACA JUGA: Penanda Hilangnya Rezeki! Mitos Kucing Mati di Sekitar Rumah Menurut Primbon Jawa, Apa yang Harus Dilakukan?

BACA JUGA: Inilah Mitos Menabrak Kucing Menurut Primbon Jawa yang Bikin Ngeri! Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kesimpulannya, kapan kucing bisa divaksin? Kucing sudah bisa divaksin sejak usia dini yaitu sekitar 6-8 minggu untuk vaksin dosis pertama Tricat. 

Vaksin tahap II atau Tetracat bisa menyusul setelah kitten berusia 12-14 minggu. Kemudian vaksin tahap III atau vaksin rabies saat usianya 20 mingguan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: