Inilah 10 Makanan yang Aman untuk Penderita Asam Urat, Pastinya Tidak Tinggi Purin

Inilah 10 Makanan yang Aman untuk Penderita Asam Urat, Pastinya Tidak Tinggi Purin

makanan yang aman untuk penderita asam urat--Youtube.com/Nayla Ayunda Channel

Namun, bagi penderita asam urat, makan sayur tetap memungkinkan, kamu hanya perlu cermat memilih sayuran yang tepat. Pilih sayuran dengan kandungan purin yang rendah.

Menurut jurnal Nutrients, banyak makanan, termasuk sayuran, dapat menyebabkan kadar purin tinggi.

Ketika kadar purin dalam tubuh cukup tinggi, tubuh juga memproduksi asam urat. Kondisi ini dapat memicu berbagai keluhan kesehatan terkait asam urat.

Penderita asam urat bisa makan sayur dengan kandungan purin yang rendah. Contohnya termasuk kol merah, paprika, wortel, kangkung, mentimun, selada, dan kentang. 

Selain itu, perlu juga dipastikan bahwa sayuran yang akan kamu konsumsi diolah dengan baik agar nilai gizi yang terkandung di dalamnya bermanfaat bagi tubuh tidak hilang.

2. Buah-buahan dengan vitamin C

Selain sayur, buah-buahan juga menjadi makanan sehat bagi penderita asam urat. Jenis buah-buahan yang bermanfaat bagi penderita asam urat adalah buah-buahan yang tinggi vitamin C, seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon, dan tomat.

Buah-buahan yang tinggi vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan memecah asam urat dan mengeluarkannya melalui urin.

Namun, tidak hanya buah-buahan yang kaya akan vitamin C, jenis buah lain yang juga bermanfaat bagi penderita asam urat adalah pisang, pir, apel, dan anggur. Buah-buahan seperti itu tidak hanya kaya serat, tetapi juga mengandung sedikit purin.

Tingkat vitamin C yang lebih tinggi dalam tubuh dapat secara positif mempengaruhi metabolisme purin dan membantu mengurangi kadar asam urat.

Ini mengurangi risiko pengendapan kristal natrium urat pada struktur sendi dan jaringan lunak.

BACA JUGA:Terlanjur Konsumsi Makanan Tinggi Purin? Ini Dia 6 Minuman Penetral Asam Urat

Namun, hasil ini akan lebih optimal jika kamu mengikuti makanan seimbang, aktivitas fisik, pemeliharaan berat badan, dan berhenti merokok.

3. Teh hijau

Teh hijau cukup efektif menurunkan kadar asam urat. Ada sebuah penelitian oleh US National Library of Medicine-National Institutes of Health mengenai efektivitas teh hijau dalam kaitannya dengan kadar asam urat dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: