Tak Sekadar Menghentikan Mimisan, Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Tak Sekadar Menghentikan Mimisan, Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Mata merah akibat konjungtivitis bisa diobati dengan daun sirih. Cara ini pun sudah lama dilakukan oleh orang tua kita sejak dulu. Jika mata memerah, mereka cukup memetik beberapa lembar daun sirih. Setelah dicuci, daun sirih direndam dalam air hangat untuk mengobati mata yang memerah. 

Manfaat daun sirih untuk mengobati mata merah ini diperoleh dari kandungan fenol dan turunannya, seperti tanin, flavonoid, dan saponin. Kandungan itu bersifat antibakteri, sehingga mampu membunuh bakteri penyebab konjungtivitis, khususnya bakteri Staphylococcus.

Baca juga:Bisa Menyembuhkan Tumor! Inilah 3 Khasiat Air Rebusan Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

3. Membersihkan organ intim wanita

Bagi wanita, manfaat daun sirih yang satu ini sudah sering didengar. Ya daun sirih bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan, termasuk digunakan dalam produk pembersih kewanitaan. 

Menurut penelitian, sifat antiseptik dan antijamur yang dimiliki daun sirih bisa membasmi bakteri dan jamur penyebab keputihan. Daun sirih juga efektif membasmi jamur Candida albicans yang menyebabkan infeksi jamur di organ intim. 

Caranya, petik beberapa lembar daun sirih lalu dicuci. Setelah itu, rebus daun sirih. Kamu hanya perlu membasuh area kewanitaan dengan air rebusan daun sirih ini.

4. Menghilangkan bau mulut

Daun sirih bersifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Makanya, banyak orang tua dulu suka mengunyah (nginang) daun sirih.

Baca lagi:3 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Daun Sirih, Tips Instan Memutihkan Kulit Bikin Mulus Permanen

5. Mengatasi infeksi jamur di mulut

Jamur Candida albicans juga bisa menyerang mulut. Jika jamur ini menginfeksi rongga mulut, akan muncul sariawan yang perih.

Untuk mengatasinya, kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih. Sebab, daun sirih memiliki efek antijamur dan antiradang yang bisa mengatasi infeksi jamur di mulut.

6. Mengobati batuk

Daun sirih memiliki efek antibakteri dan antioksidan. Ini dapat bermanfaat untuk mengatasi peradangan penyebab batuk. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih, tenggorokan akan lebih lega dan batuk pun berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: