Tak Sekadar Menghentikan Mimisan, Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Tak Sekadar Menghentikan Mimisan, Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Daun sirih dari dulu dikenal untuk menghentikan mimisan dan mengobati mata merah. Namun nyatanya manfaat Daun sirih untuk kesehatan jauh lebih dari itu.

Bagi kamu yang hidup di pedesaan dan hidup di era 80an ke bawah, tentunya tak asing dengan daun sirih. Nenek menggunakan daun sirih ditambah gambir dan kapur untuk nginang hingga mulutnya akan tampak merah. Seiring perkembangan zaman, tradisi nginang ini jarang ditemui lagi.

Manfaat lainnya daun sirih yang biasa orang dulu lakukan ialah untuk mengobati mata sakit. Jika mata gatal dan memerah, orang tua akan merendam daun sirih di air hangat dalam wadah piring. Lalu mata kita yang sakit dimasukkan ke dalam air itu sembari dikedip-kedipkan beberapa saat. Berasa perih tapi ampuh untuk obat mata.

Daun sirih harganya cukup terjangkau dan mudah diperoleh di pasar. Jika tak ingin membelinya, kamu dengan mudah bisa menanam tanaman merambat ini di sekitar halaman rumah atau di kebun. 

Baca juga:7 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut, Mengurangi Bau Mulut Hingga Meredakan Sakit Gigi

Maka sangat disayangkan jika melewatkan manfaat daun sirih untuk menjaga kesehatan kita atau mengobati penyakit. Manfaat ini diperoleh dari kandungan daun sirih, yakni protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, iodin, sodium, dan minyak atsiri.

Tidak hanya itu saja, daun sirih juga kaya antioksidan, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan tanin. Daun sirih juga bersifat antiseptik dan antibakteri sehingga mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam tubuh.

Berikut ini manfaat daun sirih untuk kesehatan dilansir dari beberapa sumber:

1. Menghentikan mimisan

Manfaat daun sirih untuk menghentikan mimisan sudah familiar di masyarakat sejak dulu. Saat kecil, orang tua akan menggulung daun sirih dan menyumbatkan daun ini ke lubang hidung untuk menghentikan mimisan. 

Baca lagi:Dapat Mencegah Bau Mulut! Ini 3 Manfaat Daun Sirih dan Cara Penggunaannya

Cara orang tua dulu untuk menghentikan mimisan ini ternyata efektif. Sebab, daun sirih mengandung tanin, yakni antioksidan yang bisa mempercepat pembekuan darah.

Selain itu, tanin juga bisa menyembuhkan pembuluh darah dalam hidung yang terluka sehingga mimisan pun berhenti.

2. Mengobati mata merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: