Tak Sekadar Menghentikan Mimisan, Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Tak Sekadar Menghentikan Mimisan, Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

7. Mengurangi rasa gatal

Rasa gatal bisa disebabkan oleh alergi, gigitan nyamuk, maupun infeksi jamur seperti panu dan kutu air. Nah, daun sirih bisa mengatasi rasa gatal tersebut, sebab mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.

Baca lagi:4 Cara Hilangkan Penuaan dengan Daun Sirih, Wajah Awet Muda Tanpa Skincare Mahal

8. Mempercepat penyembuhan luka

Daun sirih bisa mempercepat penyembuhan luka, karena mengandung antioksidan, seperti saponin, tanin, flavonoid, dan alkaloid. 

9. Mencerahkan wajah

Ingin wajah cerah dan bebas dari flek hitam? Cobalah krim wajah yang mengandung daun sirih. Daun sirih memiliki senyawa aktif yang bisa menghambat pembentukan enzim tyrosinase, yaitu enzim yang berperan dalam produksi zat warna alami tubuh atau melanin.

Jika pembentukan enzim tyrosinase terhambat, produksi melanin akan berkurang dan kulit menjadi lebih cerah.

10. Mengatasi jerawat

Kulit berjerawat bisa diatasi dengan daun sirih, karena adanya senyawa antibakteri di dalamnya. Senyawa ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu bakteri Propionibacterium acnes.

Baca juga:Inilah Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Sirih Dalam 1 Malam, Bikin Glowing Awet Muda Bebas Noda

11. Meredakan radang sendi atau rematik

Kamu memiliki sakit radang sendi atau rematik, cobalah mengonsumsi ekstrak daun sirih. Sebabm daun sirih mengandung berbagai senyawa antiradang, mulai dari flavonoid, tanin, saponin, hingga alkaloid.

12. Menurunkan kadar gula darah

Hasil penelitian menyebutkan, minum air rebusan daun sirih dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Manfaat ini didapat dari senyawa tanin, flavonoid, dan alkaloid yang membantu regenerasi sel pankreas dalam menghasilkan insulin, sehingga kadar gula darah lebih terkontrol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: