5 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes Membakar Lemak Berlebih dengan Aman

5 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes Membakar Lemak Berlebih dengan Aman

Ilustrasi jenis olahraga untuk penderita diabetes yang aman.-Freepik.com-

BACA JUGA:Waktu Terbaik Untuk Jalan Kaki, Pilihlah Waktu Ini agar Mendapat Manfaat Terbaik

2. Yoga 

Gabungan gerakan yoga akan membangun kelenturan, dan keseimbangan. Gerakan yoga masuk ke dalam tingkat intensitas rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

Yoga juga menjadi olahraga penghilang stres yang efektif. Cobalah berkonsultasi dengan dokter dan profesional yoga untuk mendapat gerakan yang tepat dan aman untuk penderita diabetes.

3. Bersepeda

Bersepeda masuk ke dalam jenis latihan yang akan meningkatkan fungsi organ jantung dan paru. Dengan bersepeda juga akan meningkatkan proses pengaliran darah ke kaki, serta proses pembakaran lemak tubuh.

Gunakan pelindung yang memadai saat bersepeda agar terhindar dari terluka atau cedera karena jatuh dari sepeda.

BACA JUGA:4 Gerakan Yoga Menurunkan Berat Badan untuk Pemula, Simple Bisa Dilakukan di Rumah

BACA JUGA:Tertarik Menurunkan BB dengan Yoga? Yuk Kenali Dulu Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya untuk Tubuh

4. Berenang

Olahraga air ini sangat bagus dilakukan oleh penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Berenang juga dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, dan berperan aktif dalam proses penurunan berat badan.

Berenang menjadi olahraga yang aman karena gaya apung oleh air yang akan mengurangi beban yang ditahan oleh tubuh. Kemudian, berenang juga akan mengurangi gejala diabetes seperti kesemutan atau mati rasa di daerah kaki.

5. Angkat Beban

Penderita diabetes juga bagus untuk melakukan latihan otot seperti angkat beban karena akan menambah massa otot pada tubuh.  Saat masa otot bertambah, akan membantu tubuh lebih mudah dalam mengendalikan kadar gula darah.

Latihan angkat beban akan membantu tubuh dalam merespon insulin dengan lebih baik. Alhasil, tubuh memiliki sistem penyerapan dan pengaturan gula darah lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: