Inilah Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Kepala dengan Cepat, Aman juga untuk Lansia usia 60 Tahun ke Atas Loh

Inilah Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Kepala dengan Cepat, Aman juga untuk Lansia usia 60 Tahun ke Atas Loh

obat alami untuk mengatasi sakit kepala-ilustrasi obat alami untuk mengatasi sakit kepala-freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ada banyak cara mengobati sakit kepala, salah satunya ialah menggunakan obat alami untuk mengatasi sakit kepala dengan aman dan cepat.

Jadi, bagi kalian yang tidak menyukai atau merasa ragu menggunakan obat sakit kepala, namun sakit kepala tersebut harus segera diobati, kalian bisa nih menggunakan obat alami untuk mengatasi sakit kepala tersebut.

Meskipun sakit kepala ini bisa sembuh dengan sendirinya hanya dengan istirahat, namun ada beberapa kasus sakit kepala tersebut muncul di waktu yang tidak tepat. Misalnya, saat kalian bekerja, bersekolah, maupun kegiatan lainnya.

Lantas, apa saja obat alami untuk mengatasi sakit kepala tersebut? Di bawah ini informasinya untuk kalian semua.

BACA JUGA:Resep Rahasia! 3 Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin, Aman untuk Remaja Hingga Lansia Uisa 65 Tahun ke Atas

BACA JUGA:Cegah Masuk Angin! Inilah 4 Obat Herbal Masuk Angin yang Aman Dikonsumsi Lansia Usia 65 Tahun ke Atas

1. Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan ini merupakan salah satu penyebab umum sakit kepala jenis ketegangan dan migrain.

Minum air putih ini dapat membuat tubuh terhidrasi dengan cukup. Nah, hidrasi atau menambah asupan cairan penting ini dapat membantu mengatasi sakit kepala.

2. Makanan Kaya Magnesium

Kandungan magnesium dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala lebih ampuh dibandingkan dengan obat medis yang mengandung bahan kimia.

Bahkan, Nada Hindiyeh yang mana merupakan seorang spesialis sakit kepala dan peneliti di Stanford Health Care di Palo Alto California, mengatakan bahwa magnesium oral terbukti mengurangi frekuensi dan intensitas serangan migrain atau sakit kepala sebelah.

BACA JUGA:Cegah Masuk Angin! Inilah 5 Obat Herbal untuk Mengatasi Masuk Angin, Aman untuk Semua Umur Tanpa Efek Samping

BACA JUGA:Kamu Sedang Masuk Angin? Baca Manfaat Bawang Putih Oven Berikut ini, Efektif Atasi Masuk Angin!

Untuk porsinya sendiri, kalian bisa mengonsumsi 200-600 mg magnesium/hari untuk membantu meredakan sakit kepala. Di sini, kalian bisa menemukan kandungan magnesium dalam sejumlah makanan seperti:

- Pisang

- Alpukat

- Biji Chia

- Biji Rami

- Cokelat Hitam

- Kacang Mete

- Biji Labu

Selain dari makanan kaya magnesium tersebut, kalian juga bisa menemukan magnesium pada susu atau produk olahan susu lainnya.

BACA JUGA:10 Obat Sakit Kepala Paling Ampuh, Efektif dan Mudah Ditemukan di Apotek

BACA JUGA:Inilah 10 Obat Sakit Kepala Alami, Ramuan Sederhana Namun Ampuh

3. Minyak Peppermint

Minyak peppermint juga bisa dijadikan sebagai obat sakit kepala alami yang efektif dalam mengobati sakit kepala yang kalian alami.

Para peneliti mengamati 41 orang dengan sakit kepala tegang dan menemukan bahwa mengoleskan minyak perppemint ke area sakit kepala, seperti dahi dan pelipis wajah sama efektifnya dengan mengonsumsi 100 mg asetaminofin.

Asetaminofen sendiri merupakan obat analgesik dan antipiretik yang banyak digunakan beberapa orang untuk meredakan sakit kepala, nyeri ringan, hingga demam. Itulah yang membuat minyak peppermint ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala.

Di sini, kalian bisa menggosoknya di area kepala yang sakit dapat membantu mengendurkan otot-otot di sekitarnya yang tegang.

BACA JUGA:Sangat Disarankan! Berikut 8 Jus untuk Sakit Kepala dan Badan Capek yang Mengandung Vitamin B12

BACA JUGA:Begini 8 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala dan Badan Lemas, Coba Konsumsi Suplemen Vitamin B12

4. Asam Omega 3

Obat alami untuk mengatasi sakit kepala yang selanjutnya adalah asam omega 3. Asam omega 3 ini adalah asam lemak essensial yang dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan, omega 3 ini memiliki efek anti inflamasi dan anti pembekuan darah yang mana dapat menjadi obat alami untuk mengatasi sakit kepala sebelah.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa mengurangi lemak omega 6 bersama dengan meningkatkan konsumsi omega 3 dapat lebih efektif mengobati sakit kepala dari pada hanya mengurangi asam lemak oemga 6 saja.

5. Feverfew

Feferfew merupakan salah satu tanaman herbal yang terkenal sebagai bahan ramuan untuk mengatasi sakit kepala yang mana sudah digunakan sebagai obat alami mengatasi sakit kepala sejak tahun 1980.

BACA JUGA:Inilah Manfaat daun Jambu Biji untuk Lansia dan Cara Mengonsumsi yang Aman untuk Lansia Usia 50 Tahun ke Atas

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Dewasa hingga Lansia yang Wajib Diketahui!

Selain itu, ada sebuah penelitian dari Inggris menunjukkan bahwa lebih dari 70% peserta pengujian mengalami lebih sedikit rasa sakit migrain setelah mengonsumsi fefervew setiap hari.

Ada juga penelitian lain menunjukkan bahwa tanaman ini dapat memberikan hasil positif dalam mengatasi sakit kepala.

Itulah beberapa obat alami untuk mengatasi sakit kepala yang dapat kalian  gunakan saat sakit kepala tersebut muncul tiba-tiba.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, kalian juga bisa mengompres air dingin atau hangat sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sakit kepala yang kalian alami.

Dengan memberikan kompres es atau benda dingin lainnya di kepala atau leher saat kalian mengalami sakit kepala ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di daerah tersebut.

Dalam kasus lain, seperti sakit kepala tegang, dengan mengompres air hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot yang menegang dan meredakan kondisinya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: