Waspada! Sadari 5 Masalah Komunikasi yang Sering Terjadi dalam Hubungan

Waspada! Sadari 5 Masalah Komunikasi yang Sering Terjadi dalam Hubungan

Masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Dari berbagai persoalan komunikasi, terdapat beberapa masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan, di mana hampir setiap pasangan pernah mengalaminya.

Meski masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan tersebut merupakan hal yang umum, bukan berarti ini bisa disepelekan.

Kamu tetap perlu untuk mengidentifikasi apakah ada masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan tersebut dalam hubunganmu untuk kemudian mencari jalan penyelesaiannya.

Oleh karenanya, artikel ini akan menyajikanmu beberapa masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan lengkap dengan tanda-tandanya, agar kamu bisa menilai apakah hal tersebut terjadi dalam hubunganmu.

Yuk, simak apa saja masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan tersebut!

BACA JUGA 5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Silent Treatment, Jangan Biarkan Konflik Berlarut-larutk-berlarut-larut

Menghindari

Hal yang kerap kali terjadi dalam suatu hubungan adalah penghindaran, terlebih ketika terjadi konflik. Orang cenderung menghindari aktivitas komunikasi apa pun dengan pasangannya.

Masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan ini kemungkinan besar terjadi karena orang tidak mau menghadapi konflik, dan menganggap bahwa suatu persoalan akan selesai dengan sendirinya.

Padahal, jika sama sekali tidak dikomunikasikan, tidak ada masalah yang benar-benar tuntas. Bisa jadi, perlahan orang yang terlibat dalam hubungan tersebut sama-sama melupakan masalah yang terjadi. Akan tetapi, sebenarnya itu tidak akan pernah selesai dan justru bisa menjadi pemicu masalah di waktu mendatang.

Penghindaran akan menyebabkan penumpukan konflik, sehingga ketika kedua orang dalam hubungan tersebut tidak bisa menampungnya lagi, konflik ini akan meledak sewaktu-waktu.

Memotong Pembicaraan

Masalah lain terkait komunikasi yang juga sering terjadi dalam hubungan adalah kecenderungan seseorang dalam memotong atau menyela pembicaraan pasangannya. Sekilas, bisa jadi ini merupakan masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan yang bersifat sepele.

Akan tetapi, pada kenyataannya ini bisa memicu berbagai persoalan besar dalam hubungan. Dengan tidak mendengarkan pasangan sampai akhir, kesalahpahaman lebih berpotensi untuk terjadi, yang kemudian berujung pada berbagai konflik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: