5 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes yang Harus Dihindari, Apa Saja Sih? Ini Dia Daftarnya

5 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes yang Harus Dihindari, Apa Saja Sih? Ini Dia Daftarnya

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes--Youtube.com/dr. Cahyo Edukes

Buah-buahan merupakan camilan sehat bagi penderita diabetes. Namun, buah-buahan kering tidak termasuk dalam daftar jajanan sehat. Buah-buahan kering adalah salah satu buah terlarang untuk diabetes.

Buah-buahan kering diproses sedemikian rupa untuk menghilangkan sebagian besar kelembapan yang terkandung di dalamnya, sehingga hanya kandungan gula alaminya yang tersisa.

Nah, selama proses pengeringan ini, sebagian besar nutrisi, vitamin, dan mineral asli yang terkandung dalam buah-buahan bisa hilang.

Selain itu, produsen buah kering juga cenderung menambahkan lebih banyak gula untuk mengawetkan dan menambah rasa.

Menambahkan gula ini justru menyebabkan buah-buahan kering berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Memang, buah-buahan segar biasa pada umumnya juga mengandung gula. Namun dibandingkan dengan buah-buahan kering, tentunya kandungan gula pada buah-buahan segar jauh lebih rendah dan lebih bermanfaat untuk diabetes. 

4. Madu, sirup agave, dan sirup maple

Kamu mungkin berpikir bahwa madu untuk diabetes, sirup agave, dan sirup maple adalah pemanis alami yang baik untuk diabetes.

Faktanya, meskipun ketiga "gula alami" ini sering digunakan sebagai pengganti gula, sebenarnya mereka termasuk dalam daftar pantangan diet bagi penderita diabetes.

Kandungan gula pada ketiga produk tersebut sama, bahkan jumlah total karbohidrat pada pemanis alternatif tersebut bisa jauh lebih tinggi.

5. Minuman manis

Penderita diabetes harus mematuhi batasan tertentu tidak hanya dalam makanan, tetapi juga dalam minuman.

Jenis minuman yang harus dihindari penderita diabetes adalah segala sesuatu yang manis atau dengan tambahan gula, baik buatan maupun alami.

Beberapa contoh minuman yang harus dihindari oleh penderita penyakit gula antara lain minuman bersoda, sirup, teh dan kopi kemasan, siap minum.

Faktanya, bahkan minuman yang "tampak" sehat, seperti jus dan susu kemasan, mungkin harus kamu hindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: