8 Daftar Buah-buahan yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Lansia Hipertensi Wajib Konsumsi

8 Daftar Buah-buahan yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Lansia Hipertensi Wajib Konsumsi

Buah-buahan yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi--Youtube.com/KontanTV

BACA JUGA:Selain Kunyit, Ini Dia Bumbu Dapur untuk Bisa Menurunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah Tinggi

5. Bit

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh journal of American Heart Association menunjukkan bahwa mengonsumsi jus bit dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Mary University of London dalam laporan Medical News Today menjelaskan bahwa kandungan nitrat dalam bit dapat meningkatkan kadar gas oksida nitrat dalam sirkulasi darah, yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Studi lain yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada tahun 2013 juga menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik peserta yang minum bit dan jus apel menurun setelah 6 jam, terutama pada peserta pria.

Kandungan nitrat dalam bit sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Bit dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, misalnya dalam bentuk jus, ditambahkan ke sereal sarapan, dipanggang dengan sayuran, salad, dan sebagainya.

6. Delima

Tentunya akhir-akhir ini kamu sudah sering mendengar nama buah ini di televisi, sering disebut buah delima. Ada banyak produk yang memasukkan buah ini sebagai salah satu bahannya.

Memang ternyata buah delima merah memiliki banyak keunggulan. Salah satu kelebihannya adalah mengurangi tekanan darah tinggi. Padahal, sudah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut.

7. Tomat

Bagi kamu yang menyukai jus tomat, ada kabar baik, karena tomat merupakan salah satu buah yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Meski belum tertulis secara pasti kandungan apa saja dalam tomat yang bisa menurunkan tekanan darah, ada kemungkinan kandungan antioksidan dan karotenoid yang terkandung dalam tomat memegang peranan penting.

Tomat mengandung likopen, sejenis karotenoid. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Fronters in Pharmacology, likopen dapat menurunkan tekanan sistolik pada orang dengan tekanan darah tinggi.

8. Jeruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: