8 Daftar Buah-buahan yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Lansia Hipertensi Wajib Konsumsi

8 Daftar Buah-buahan yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Lansia Hipertensi Wajib Konsumsi

Buah-buahan yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi--Youtube.com/KontanTV

Meski rasanya agak asam, ternyata buah ini sangat baik untukmu. Jadi, mengapa tidak memasukkan buah ini ke dalam daftar buah-buahan yang harus kamu makan setiap hari?

2. Pisang

Buah lain yang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah adalah pisang. Buah yang sangat terjangkau dan mudah ditemukan.

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan buah ini sebagai makanan penutup. Ternyata satu buah pisang ukuran sedang mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% potasium yang dibutuhkan setiap hari.

Selain menurunkan tekanan darah, pisang juga dapat membantu mengurangi hormon stres dalam darah.

Untuk melakukan ini, mulailah makan pisang setiap hari, minimal 1 buah untuk sarapan atau sebagai selingan.

3. Alpukat

Buah ini tidak hanya kaya akan lemak sehat, tetapi juga vitamin dan mineral, sehingga buah ini efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1% kalsium yang kamu butuhkan, 5% magnesium, dan 10% potasium.

Selain kaya akan mineral dan lemak sehat tersebut, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Saat mengupas alpukat, alpukat harus dibersihkan secara menyeluruh. Mengapa? Pasalnya, ternyata kandungan berbagai senyawa bermanfaat tersebut berada tepat di bawah kulit buah alpukat.

4. Berries

Kamu tahu stroberi, blueberry, dan raspberry, bukan? Nah, ternyata semua jenis buah beri sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah beri, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Menurut sebuah penelitian, senyawa flavonoid ini dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Minuman yang Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi, dari Air Putih sampai Susu, Cek Daftarnya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: