5 Cara Mengatasi Motor Mogok yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah, Gampang Banget!

5 Cara Mengatasi Motor Mogok yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah, Gampang Banget!

Cara Mengatasi Motor Mogok yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah--Instagram/da_zhan

Selain itu, jika kondisi busimu kotor atau aus ternyata bisa juga lho menyebabkan motor menjadi mogok di tengah jalan secara tiba-tiba.

Biasanya gejala awalnya motor akan kehilangan performa, dan akhirnya mogok, oleh karena itu untuk mengetahuinya kamu bisa melepas busi dari mesin, kemudian jika di rasa kotor kamu bisa membersihkannya sampai benar-benar bersih.

Membersihkan busi ini, bisa kamu lakukan dengan cairan khusus dan kemudian di lap menggunakan kain halus, setelah benar-benar bersih kamu bisa memasangnya kembali.

Namun jika busi sudah dipasangkan tapi tidak mau menyala, besar kemungkinan businya sudah aus dan harus diganti dengan yang baru, usahakan menggunakan busi berkualitas baik, meskipun harganya lebih mahal.

BACA JUGA:Motor Baru! Honda PCX 175 2024 Hadir dengan Performa Mesin Lebih Bertenaga, Kompetitor Panik!

BACA JUGA:Generasi Baru Motor Yamaha Mio 155 2024, Tampil Lebih Agresif dengan Desian Kekinian

3. Mengecek komponen filter udara

Cara mengatasi motor mogok yang selanjutnya adalah, dengan mengecek komponen filter udaranya, sebab filter udara yang kotor dapat menjadi penyebab motor mogok.

Oleh karena itu, sebagai pengendara motor kamu harus rutin memperhatikan kebersihan filter, hal ini bertujuan agar tidak menganggu sirkulasi udaranya.

Jika filter udaranya kotor, langsung saja bersihkan filter udara secara hati-hati dengan mengeluarkannya dari tempat, kemudian bersihkan sampai benar-benar bersih.

Perlu diperhatikan, tidak disarankan untuk membersihkan filter udara menggunakan air, sebab jika ini dilakukan maka berpeluang besar banyak kotoran yang akan menempel, kamu bisa menggunakannya dengan lap kering saja sudah cukup.

BACA JUGA:Gak Bikin Boros! Inilah 5 Mobil Diesel Murah Dibawah 100 Juta, Bisa Bawa Keluarga Mudik Lebaran dengan Nyaman!

BACA JUGA:Cocok untuk Ngabuburit! Inilah 5 Motor Listrik Murah Bersubsidi, Harganya Mulai dari Rp 3 Jutaan Saja!

4. Mengganti karburator

Bagi kamu yang belum tahu apa fungsi dari karburator, karburator sendiri memiliki fungsi sebagai alat untuk mencampurkan udara dan juga bahan bakar sebelum masuk ke dalam mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: